Rekomendasi Ide Usaha Yang Bagus
Rekomendasi Ide Usaha Yang Bagus

5+ Rekomendasi Ide Usaha Yang Bagus Untuk Pemula

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Kamu baru mau terjun ke dunia bisnis dan masih kebingungan bisnis usaha yang bagus untuk pemula? Gausah terlalu khawatir, mimin spill nih beberapa rekomendasi buat temen-temen semua.

Biasanya pertanyaan-pertanyaan seperti ini paling sering ditanyakan oleh temen-temen semua yang baru ingin terjun ke dunia bisnis. Tapi engga sedikit juga yang justru belum juga mulai tapi udah kebingungan.

Kira-kira contoh pertanyaan-pertanyaannya seperti ini, “aduh mau terjun ke dunia bisnis, tapi mau jalanin bisnis apa ya?” atau “kira-kira kalo saya mau jalanin bisnis jualan, bakal laku ga ya?“.

Nah kira-kira seperti itu lah kebingungannya, haha. Ternyata ya temen-temen, banyak banget loh ide bisnis yang bagus yang bisa kamu coba dan kamu tekuni. Tapi yang namanya berbisnis, kamu harus memikirkan secara matang betul sebelum menjalankannya.

Baca juga Ide Jualan 1000an Tahan Lama

Tentunya setiap pemilihan bisnis yang kamu pilih, bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar untuk usaha yang kamu jalankan.

Walaupun sebenernya hampir semua bidang usaha bisa dijalankan sama orang-orang pemula yang memiliki keahlian. Tetapi, ide tersebut harus yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada. Karena bisnis yang kamu jalankan bisa saja tidak mendapatkan keuntungan apabila bisnis yang kamu jalankan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Lalu kira-kira apa saja pilihan bisnis yang bagus untuk pemula? Yuk intip poin-poinnya.

Rekomendasi Usaha Yang Bagus Untuk Pemula di Tahun 2023

Rekomendasi Ide Usaha Yang Bagus
Rekomendasi Ide Usaha Yang Bagus

Biasanya salah satu cara yang paling bagus untuk tau kebutuhan masyakarat adalah dengan melakukan sebuah riset terhadap kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar lingkungan kamu.

Baca Juga:  Cara Mengelola Konflik di Tempat Kerja dengan Bijak

Perlu kamu ketahui, bahwa biasanya masyarakat itu sangat membutuhkan sebuah produk yang jarang mereka dapatkan di lingkungan yang ada di sekitar. Dari riset tersebut, kamu bakal tau produk / bisnis / usaha apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sehingga dari riset tersebut kamu bisa mendapatkan ide pilihan untuk bisnis kamu yang kemudian bisa memberikan keuntungan yang besar. Yang kemudian produk / bisnis / jualan milik kamu bisa menjadi jawaban dari pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar.

Baca juga Ide Bisnis Usaha Cilok Kekinian

Kalau kamu masih bingung kira-kira mau jalanin bisnis apa, berikut ini pilihannya.

1. Usaha Cukur Rambut atau Salon

Rekomendasi yang pertama adalah usaha cukur rambut atau salon. Ini adalah salah satu contoh usaha yang paling diminati oleh masyarakat. Dan usaha ini sangat dibutuhkan oleh laki-laki maupun perempuan.

Usaha ini sangat cocok untuk para pemula, karena usaaha cukur rambut atau salon ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Bahkan untuk awal-awal kamu bisa jalankan ini bisa di rumah dengan alat yang seadanya.

Kemudian untuk alat-alatnya dan perlengkapannya bisa kamu dapatkan secara grosir di pasaran atau toko-toko perlengkapan pinggir jalan. Jadi cukup mudah untuk mendapatkan berbagai perlengkapannya.

Tapi ingat, sebelum kamu menjalankan bisnis ini, kamu harus sudah membekali ilmu mencukurnya terlebih dahulu. Bisa dengan belajar secara otodidak di platform-platform online, atau kamu bisa mencari kursus atau pelatihan.

Baca selengkapnya mengenai cara buka usaha cukur rambut pemula

2. Membuka Jasa Penitipan Anak

Rekomendasi yang kedua adalah membuka jasa penitipan anak. Nah jasa ini salah satu jasa yang paling dicari oleh masyarakat juga. Tapi jasa ini paling cocok dijalankan di tempat perkotaan. Karena biasanya di perkotaan banyak kedua orang tuanya yang bekerja.

Baca Juga:  Manajemen Kinerja: Menyusun Tujuan dan Evaluasi Karyawan Anda

Kenapa jasa ini sangat dibutuhkan di perkotaan? Karena banyak orang tua yang khawatir dengan keamanan serta keselamatan anaknya ketika ditinggal bekerja. Sehingga hal itu, kamu bisa manfaatkan peluang tersebut dengan membuka jasa penitipan anak atau sering dikenal dengan daycare.

Kemudian usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang cukup besar, untuk tempat kamu bisa manfaatkan rumah yang kamu tinggali. Kemudian kamu bisa menyediakan berbagai mainan serta peralatan kebutuhan anak-anak yang lainnya.

Contohnya adalah seperti berbagai alat mandin untuk anak, ruang tidur, alat makan, buku-buku cerita, dan sebagainya.

3. Bisnis Pakaian

Rekomendasi yang ketiga adalah dengan menjalankan bisnis pakaian. Seperti yang kita ketahui bahwa pakaian ini banyak sekali macam model pakaian dan juga style yang selalu diminati oleh masyarakat sekitar kamu.

Sehingga tugas kamu sebelum menjalankan bisnis adalah dengan menentukan model pakaian yang seperti apa yang akan kamu jalankan. Tentunya kamu harus memikirkan hal tersebut dengan cukup matang dan sesuai dengan permintaaan target pasar yang kamu targetkan.

Seperti contohnya adalah seperti pakaian untuk wanita, atau pakaian untuk pria, dan bahkan pakaian untuk anak-anak.

Yang perlu kamu ketahui, ada 3 cara untuk menjalankan bisnis ini :

  1. Menjadi reseller.
  2. Membuka thrift shop.
  3. Membuka clothing line sendiri.

Nah kamu tentukan mau menjalankan seperti apa bisnis yang akan kamu jalankan.

4. Bisnis Produk Kecantikan

Rekomendasi yang selanjutnya adalah dengan menjalankan bisnis produk kecantikan. Sekarang ini produk kecantikan sudah mulai bisa digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk itu untuk perempuan maupun untuk pria dewasa.

Baca juga Ide Jualan Makanan Online Untuk Pemula

Agar kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan modal yang kecil, awal-awal kamu bisa bergabung menjadi seorang agen maupun distributor resmi dari toko-toko kecantikan brand besar. Sesekali juga kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk mempelajari komposisi bahkan bahan-bahan produk tersebut. Sehingga kedepannya kamu bisa menciptakan produk dari brand sendiri.

Baca Juga:  Cara Menghadapi Tantangan dalam Ekspansi Bisnis Internasional

5. Jasa Cuci Kendaraan

Rekomendasi usaha yang bagus untuk anak muda yang selanjutnya adalah dengan membuka jasa cuci kendaraan. Seperti yang kita ketahui ini, bahwa pemilik kendaraan semakin hari semakin meningkat. Hal itu terjadi karena masyarakat Indonesia yang berambisi untuk memiliki moda transportasi milik pribadi.

Sehingga itu bisa menjadi sebuah peluang besar untuk anak muda yang ingin mendapatkan cuan. Kamu bisa membuka usaha jasa cuci kendaraan di rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai peralatan dan kebutuhan lainnya dengan mudah. Bisa mencari di platform toko online, atau bahkan kamu bisa dapatkan di pasar-pasar tradisional terdekat dengan rumah kamu.

Agar usaha cuci kendaraan kamu semakin meningkat setiap harinya, kamu harus bisa memberikan sebuah pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan. Sehingga pelayanan yang kamu berikan kepada pelanggan membekas di pelangga sehingga bisa saja menjadi langganan.

Baca juga Usaha Cucian Mobil Sederhana

Selain layanan, kamu juga harus memberikan fasilitas yang nyaman karena ketika proses pencucian kendaraan bisa membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penutup

Gimana apakah sudah tergambarkan kira-kira mau jalanin bisnis apa? Nah mungkin itu dia beberapa rekomendasi ide usaha yang bagus untuk pemula dengan modal yang kecil yang bisa kamu jalankan.

Semoga artikel ini cukup membantu pembaca semua dalam mencari ide bisnis yang bagus untuk pemula untuk jangka panjang. Terima kasih sudah berkunjung di website fanziine faaves, sampai ketemu di artikel selanjutnya.