Cara Buka Usaha Pangkas Rambut Untuk Pemula
Cara Buka Usaha Pangkas Rambut Untuk Pemula

3+ Cara Buka Usaha Pangkas Rambut Pemula

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Berikut ini cara buka usaha pangkas rambut pemula yang perlu kamu ketahui. Sekarang ini usaha cukur rambut ini sedang berkembang cukup pesat.

Karena bisnis ini bisa dikatakan memiliki prospek yang cukup menjanjikan untuk dijalankan. Terlebih lagi jika kamu memiliki modal usaha yang lebih, sehingga kamu bisa langsung membuat sebuah barbershop yang kekinian, serta nyaman. Sehingga barbershop kamu bisa dijadikan tempat untuk bersosialisasi dengan satu sama lain.

Tapi apakah bisnis cukur rambut ini bisa dijalankan dengan modal yang minim? Eits tenang aja, itu tetep bisa kamu jalankan kok.

Baca juga Ide Usaha Yang Bagus Untuk Pemula

Jika kamu penasaran bagaimana cara menjalankannya ? Intip beberapa tips nya di bawah ini.

Cara Buka Usaha Pangkas Rambut Pemula

Cara Buka Usaha Pangkas Rambut Untuk Pemula
Cara membuka usaha cukur rambut buat pemula

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda ketahui agar bisa sukses menjalankan bisnis ini walaupun kamu masih pemula :

1. Menentukan Konsep

Cara yang pertama yang wajib kamu persiapkan adalah dengan menentukan konsep. Sekarang-sekarang ini banyak orang yang membuka usaha jasa cukur rambut dengan menggunakan konsep yang unik dengan desain yang minimalis.

Sehingga itu bisa menarik minat kepada calon pelanggan. Selain konsep yang harus kamu tentukan, kamu juga harus memberikan fasilitas yang memungkinkan agar pelanggan merasa nyaman ketika sedang di tempat cukur yang kamu jalankan.

Mungkin ada beberapa contoh konsep yang sudah banyak dijalankan oleh para pengusaha barbershop. Contoh konsep yang sering kita lihat seperti :

  1. Konsep balap : Bisa dengan memberikan stiker-stiker di dinding tentang balapan, bahkan kursinya pun menggunakan konsep seperti kursi motor balap.
  2. Konsep vintage : Bisa dengan memadukan dekorasi tempat, hiasan dinding, furniture, bahkan sampai ke seragam pekerja yang di desain klasik.
Baca Juga:  Cara Mengoptimalkan Penggunaan Email Marketing dalam Kampanye Anda

Nah mungkin kamu bisa cari sebuah konsep yang unik dan juga yang menarik agar menarik perhatian calon penggan. Dan jangan lupa untuk memberikan fasilitas yang terbaik agar pelanggan nyaman ketika berlama-lama di tempat cukur.

2. Menentukan Nama Brand 

Tips yang kedua adalah dengan menentukan nama brand. Nama brand serta logo yang akan merepresentasikan suatu brand. Sehingga kamu harus membuat nama brand dan juga logo sedemikian rupa agar brand milik kamu mudah di ingat.

Baca juga jajanan 1000an tahan lama

Lebih bagus lagi jika nama dan juga logo brand yang kamu buat di desain dengan karakteristik yang sesuai dengan konsep yang sudah kamu tentukan dengan usaha cukur rambut milik kamu. Tapi kamu juga harus waspada, pastikan untuk tidak menjiplak sebuah logo dari logo yang sudah ada karena hal itu bisa menjadi pelanggaran hak cipta yang nantinya kemungkinan akan menimbulkan masalah bagi usaha yang kamu jalankan nantinya.

3. Mengasah Skill Potong Rambut

Tips yang ketiga adalah dengan menguasai skill potong rambut. Untuk kamu yang baru menjalankan suatu bisnis, maka kamu harus mempertimbangkan untuk merekrut seorang karyawan atau bekerjasama dengan sahabat yang ternyata memililiki skill dibidang tersebut.

Tetapi jika kamu menjalankan bisnis cukur rambut dengan merekrut orang, mungkin bisnis yang kamu jalankan akan ketergantungan dengan mereka. Dengan kamu mengasah skill potong rambut, bisnis kamu akan bergantung pada diri kamu sendiri. Kalaupun jika bisnis yang kamu jalankan semakin berkembang, dan merasa membutuhkan tenaga kerja. Kamu bisa memberikan arahan kepada calon pegawai dengan lebih baik.

4. Memberikan Fasilitas dan Layanan Tambahan

Tips yang selanjutnya adalah bisa dengan memberikan sebuah fasilitas dan layanan tambahan kepada calon pelanggan seperti ini. Bahkan sebagian besar dari tempat cukur yang sukses, ternyata tidak hanya memberikan layanan untuk potong rambut saja.

Baca Juga:  Pentingnya Membangun Kultur Inovasi dalam Organisasi Anda

Baca juga Tips dan Contoh Ide Nama Usaha Makanan Ringan

Tetapi, mereka juga bisa dengan memberikan sebuah fasilitas dan juga layanan tambahan. Contohnya adalah dengan memberikan layanan mencuci rambut dengan berbagai vitamin, layanan cat rambut, meluruskan rambut, dan layanan-layanan yang lainnya.

5. Tempat Yang Strategis

Kemudian buat kamu yang ingin menjalankan usaha cukur rambut pemula ini kamu harus menari tempat yang strategis. Tempat yang strategis ini mencakup, mudah di akses oleh pelanggan kamu, kemudian di tempat yang ramai contohnya seperti di tengah kota, bisa di pinggir jalan, membuka di tempat kampus ataupun sekolah dan sebagainya.

6. Promosi Usaha

Setiap bisnis tentunya kamu membutuhkan yang namanya promosi. Promosi ini bertujuan untuk meningkatkan awareness para pelanggan terhadap bisnis kamu. Maksudnya adalah yang awalnya orang lain tidak mengenal bisnis kamu, dengan dijalankannya promosi orang jadi tau bisnis kamu.

Promosi yang paling bagus adalah promosi yang disebar dari mulut pelanggan kamu dan disebarkan ke orang lain. Oleh karena itu, jika kamu ingin di promosikan oleh pelanggan kamu, mau tidak mau kamu harus memberikan fasilitas, dan kualitas yang terbaik.

Selain itu mungkin kamu bisa denga memanfaatkan media sosial, dengan menggunakan pamflet, membagikan brosur dan sebagainya.

7. Ruang Tunggu Yang Nyaman

Jika usaha pangkas rambut pemula kamu sudah semakin berkembang, dan banyak pelanggan yang berkunjung ke toko kamu. Maka artinya kamu harus memberikan ruang tunggu yang nyaman.

Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk mencukur rambut membutuhkan 10 – 20 menitan untuk setiap orangnya. Yang mana waktu itu cukup lumayan lama dan bisa membuat pelanggan kamu merasa bete untuk menunggu.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Kerja Online Tanpa Modal

Oleh karena itu, kamu harus memberikan ruang tunggu yang nyaman, contohnya adalah seperti membuat tempat duduk yang nyaman, memberikan layanan wifi gratis, menggunakan air conditioner, dan semacamnya.

Berapa Modal Bisnis Pangkas Rambut Untuk Pemula

Karena kamu masih pemula yang baru ingin terjun ke bisnis ini, ternyata bisnis ini tidak memerlukan modal yang cukup besar. Apalagi jika bisnis kamu yang masih skala rumahan dan target pasarnya masih warga sekitar.

Tetapi jika kamu memang ingin menjalankan bisnis ini agar lebih profesional, berikut ini rincian modal ini bisa menjadi referensi kamu.

1. Peralatan Pangkas Rambut

Tentunya kamu wajib memiliki peralatan cukur rambut yang selengkap mungkin. Berikut ini list harganya :

  • Mesin cukur yang elektrik sekitaran 350 ribu per item.
  • Kemudian gunting sasak sebesar 75 ribuan.
  • Handuk yang kecil sekitar 15 ribu.
  • Pisau cukur 15 ribuan.
  • Gunting yang khusus untuk potong rambut.
  • Sisir rambut sekitar 15 ribuan.

2. Sewa Tempat

Kamu tentunya harus menyewa sebuah tempat, nah rata-rata untuk menyewa tempat untuk di daerah perkotaan membutuhkan anggar sekitaran 1 – 2 jutaan perbulan. Sementara itu untuk menyewa tempat di daerah pinggiran mungkin saja bisa lebih murah dari pada itu.

Selain kamu bisa menggunakan satuan bulanan seperti itu, ada beberapa penyewa ruko memberlakukan uang sewa tahunan dengan kisaran sewa 6 sampai 10 juta per tahunnya.

Penutup

Nah itu dia cara buka usaha pangkas rambut pemula yang bisa kamu pelajari. Perlu kamu ketahui, bahwa walaupun kita menjalankan bisnis, kita juga harus selalu untuk belajar bagaimana cara menjalankan usaha ini agar bisa sukses.

Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua yang ingin menjalankan bisnis cukur rambut.