Cara Membuat Sabun Cuci Motor
Cara Membuat Sabun Cuci Motor

Cara Membuat Sabun Cuci Motor Dengan Mudah

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Berikut ini cara membuat sabun cuci motor dengan mudah yang bisa kamu lakukan dirumah. Sudah menjadi kewajiban untuk setiap pemilik motor selalu untuk jaga kebersihan kendaraan. Salah satunya usaha paling mudah yang dapat kita kerjakan dengan rajin mencucinya.

Motor yang bersih tentu saja jadi kebanggaan untuk kita. Keadaan motor yang bersih tentu saja lebih nikmat dilihat, bukan buat kamu sendiri. Juga bisa dicicipi orang yang lain menyaksikannya.

Memakai sepeda motor yang bersih, sanggup tingkatkan keyakinan diri saat berkendaraan. Maka dari itu, sepantasnya kamu menjaga dan jaga kebersihan motor masih tetap pada keadaan terbaik.

Baca juga artikel mengenai Cara Cuci Motor Vario 150

Membersihkan motor juga dapat kamu kerjakan sendiri. Selainnya lebih irit, kamu dapat sekalian olahraga lohh! Ditambah pada keadaan Limitasi Sosial Bertaraf Besar (PSBB), sekarang ini yang ditargetkan pemerintahan.

Pada proses membersihkan kendaraan, tentu saja kamu memerlukan bahan pencuci khusus atau yang dikenal juga dengan sampo motor. Langkah membuat juga gampang, dan dapat dilaksanakan sendiri di dalam rumah.

Ingin tahu seperti apakah proses dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sampo motor, berikut dengan membuat? Baca pembahasan selengkapnya berikut:

Bagaimana Cara Membuat Sabun Cuci Motor ?

Cara Membuat Sabun Cuci Motor
Cara Membuat Sabun Cuci Motor

Agar lebih mengirit anggaran perawatan sepeda motor kecintaanmu. Kemungkinan kamu akan mengetahui bagaimana cara membuat sabun salju cuci motor. Maka tidak perlu keluarkan dana lebih buat beli sampo motor pabrikasi.

Baca Juga:  3+ Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

Cara buat sabun untuk cuci motor juga gampang dan bisa kamu kerjakan dengan sendiri di rumah. Kamu cukup beli beberapa bahan yang di butuhkan untuk membuat sampo motor, bahan yang di perlukan juga lumayan gampang di dapat di pasaran.

Beberapa bahan membuat sampo motor juga ada dari beragam jenis merk, pada harga yang dapat di jangkau tentunya. Dengan mengolah sampo motor sendiri, bisa juga kita untuk jadikan sebagai suatu peluang usaha.

Sesudah percaya dengan kualitas sampo motor yang kamu bikin. Kamu mungkin dapat memasarkannya lewat online. Siapa yang tahu dapat menambahkan penghasilan buat kamu.

Baca juga Rekomendasi Sabun Cuci Motor Yang Bagus

Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Sabun Salju Cuci Motor

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah seperti berikut :

  • Caustic Soda 5.5 gr
  • ABS (Alkyl Benzene Sulfonat) 50 gr
  • Cottoclarine BM 120 gr
  • Sodium Sulfat 60 gr
  • Dewisil Liquid 1 cc
  • Aquadest 890 cc
  • Enzym AR 2 gr
  • Trilon 0.5 gr
  • Dimethicone 350 cps 3 cc
  • Silbione 3 cc
  • TX-100 30 cc
  • Emulgent T 5 cc
  • Sodium Chloride 5 gr
  • Bahan warna Biru Acid Stable seperlunya

Cara Membuat Sabun Salju Untuk Cuci Motor

Langkah membuat sampo motor yang kamu harus kerjakan, dengan menyiapkan Caustic Soda sekitar 5.5 gr + Aquadest 100 cc, lalu aduk sampai terlarut. Seterusnya kamu dapat tambah ABS 50 gr, aduk kembali sampai rata.

Jika percaya telah rata, kamu dapat saran Cottoclarine BM 120 gr dan kembali aduk sampai larutan rata. tahap selanjutnya kamu persiapkan Sodium Cloride sekitar 5 gr + 100 cc Aquadest dan melakukan pengadukan sampai rata.

Yakinkan semua beberapa bahan telah terlarut, dan kamu dapat mempersiapkan Enzym AR 2 gr + Trilon 0.5 gr + Sodium Sulfat 60 gr + Aquadest 690 cc. Kamu juga bisa memberikan berupa dewisil liquid, lalu aduk kembali sampai terlarut.

Baca Juga:  Cara Mengelola Persediaan dengan Sistem Just In Time (JIT)

Baca juga Tips Mencuci Motor Agar Mengkilap

Semua bahan yang telah dimasukkan yakinkan telah terlarut dan rata. Seterusnya kamu dapat menambah Dimethicone 350 cps = 3 cc, lalu saran Silbione 3 cc dan aduk kembali sampai rata secara detail.

Tingkatan seterusnya larutan yang telah kamu campur, dapat dipertambah dengan TX100 sekitar 30 cc, dan aduk kembali sampai rata.

Diteruskan kamu dapat masukan Emulgent T 5 cc , dan bahan warna seperlunya, lalu aduk. Jika ingin hasilkan busa warna kamu dapat campur EDTA sekitar 20 gr.

Langkah Membuat Sabun Cuci Motor Sendiri dengan Alat Sederhana

Cara pertama buat sabun cuci motor, kamu dapat mempersiapkan air panas sekitar 1 ltr. Lantas campurkan Wings biru dan Rinso ke air panas lebih dulu. Kamu harus mengira-ngira, tidaklah sampai 1 ltr.

Tahap seterusnya, kamu dapat tambah garam, minyak goreng dan gliserin. Jika gliserin tidak ada, tidak jadi masalah, karena gliserin cuma bekerja sebagai pelembut saja.

Aduk sampai rata, dan kamu harus yakinkan semua bahan telah masuk. Seterusnya kamu dapat tambah sampo pantene atau lifeboy dan molto sebagai pewangi.

Jika kelihatan telah rata, tambah sedikit air panas kembali dan kamu dapat menambah air sekitaran 5 ltr. Kemudian bungkus dalam botol air mineral besar, dan seterusnya dapat kamu pakai.

Baca juga Sistem Gaji Karyawan Cuci Motor

Nach.. jika kamu ingin mengoptimalkan dapat pada air, sebaiknya kamu taruh sepanjang dua hari lebih dulu, saat sebelum dipakai. Dengan demikian, busa yang dibuat akan makin bertambah.

Jika ingin membuat sampo motor dalam jumlah yang banyak, kemungkinan trick termudah kamu dapat tambah beberapa bahannya, seperti 1 botol sampo ukuran 10ml atau 100ml, 1 Wings sachet atau Sunlight 10ml.

Baca Juga:  3+ Ide Desain Tempat Cuci Mobil Manual

Tidak lupa kamu harus sediakan 2 biji Rinso Sachet ukuran kecil, 100 mililiter minyak goreng, 100 mililiter Gliserin, 250 gram Garam, 2 sachet Molto atau Downy, dan 10 liter air.

Untuk mengentalkan larutan sampo motor, kamu dapat menambah beberapa bahan seperti Camperlan. Mudah-mudahan panduan berkenaan langkah membuat sampo motor ini bisa berguna untuk kamu. Selamat mempraktikkan!

Penutup

Nah mungkin itu saja beberapa informasi mengenai cara membuat sabun cuci motor dengan mudah yang bisa kamu coba buat di rumah sendiri. Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat untuk temen-temen semua.