Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap
Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

3+ Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Masih bingung bagaimana cara mencuci motor agar mengkilap dan kinclong ? Jika iya, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini.

Perlu kamu ketahui bahwa sebenernya ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui dalam melakukan cuci kendaraan motor dan mobil. Jadi tidak hanya sekedar mengguyur motor dengan air, yang kemudian di berikan sabun, lalu di bilas.

Padahal jika kamu hanya sekedar mengguyurkan air dan memberikan sabun yang asal, sebenernya itu bisa mengakibatkan konsleting listrik. Kamu bisa baca juga artikel Apakah Aman Mencuci Motor Menggunakan Sunlight.

Nah oleh sebab itu, jika kamu memang mau cuci motor biar kinclong di rumah tanpa harus ke tempat steam, kamu bisa coba dengan beberapa cara di bawah ini. Karena dengan kamu mengikuti beberapa cara di bawah ini, kamu engga bakal mengalami kesusahan dan juga tidak akan mengakibatkan masalah pada mesin.

Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap
Cara Mencuci Motor Agar Mengkilap

Pastikan Mesin Motor dalam Keadaan Dingin

Cara yang pertama adalah dengan memastikan mesin motor dalam keadaan dingin dan tidak habis digunakan. Karena mencuci motor dalam keadaan dingin ini wajib kamu lakukan, karena untuk mencegah terjadinya perubahan suhu pada motor yang secara tiba-tiba.

Karena jika kamu mengguyur air ketika motor dalam keadaan panas, maka umumnya bakal mengeluarkan sebuah asap. Jadi solusinya adalah kamu harus mendiamkan baik itu motor maupun mobil dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Baca Juga:  Menggunakan Teknologi Chatbot untuk Otomatisasi Layanan Pelanggan

Jika suhu kendaraan sudah turun, maka kamu bisa mulai membersihkannya. Karena jika kamu mencuci motor maupun mobil dalam keadaan panas, itu bisa melukai tangan kamu.

Mempersiapkan Alat-Alat dan Bahan

Cara cuci motor biar kinclong yang kedua adalah dengan mempersiapkan semua alat-alatnya. Untuk alat-alatnya sendiri cukup banyak, contohnya adalah seperti kain yang lembut permukaannya, sikat gigi bekas, spons, ember,  selang, dan semacamnya.

Lalu untuk bahan-bahannya terdiri seperti sampo kendaraan khusus bodi yang tidak merusak cat pada kendaraan dan juga tidak merusak stiker. Setelah semua alat dan bahannya sudah kamu persiapkan, kamu bisa mulai untuk bersihin kendaraan.

Utamakan Membersihkan Rantai

Sebelum membersihkan kendaraan motor maupun mobil secara menyeluruh, kamu bisa membersihkan bagian rantai terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan cairan seperti WD – 40 yang bertujuan untuk melunakkan minyak dan juga kerak yang ada rantai. Setelah itu, kamu bisa menggunakan bensin atau sejenisnya untuk menghilangkan kotoran.

Baca juga Ide Desain Tempat Cuci Mobil Manual

Setelah dibersihkan dan tidak ada kotoran, proses selanjutnya adalah dengan memberikan oli pada rantai. Proses ini adalah yang terakhir setelah mencuci mesin dengan air, memberikan sabun dan mengeringkannya. Jangan melumasi segera setelah membersihkan rantai dari lapisan.

Cuci di Beberapa Bagian Mesin

Cara yang selanjutnya adalah dengan mencuci di beberapa bagian mesin, khususnya yang berada di luas. Untuk mencuci bagian ini, kamu bisa juga menggunakan cairan WD-40 agar lebih mudah dalam proses pembersihan kotoran.

Kemudian kamu juga bisa menggunakan sabun khusus motor untuk di beberapa bagian motor yang sulit untuk dibersihkan. Jika memang tidak memungkinkan untuk dibersihkan di bagian yang amat kecil, kamu bisa menggunakan alat berupa sikat gigi.

Baca Juga:  Begini Cara Cuci Motor Vario 150

Tidak perlu sampai melakukan pembongkaran mesin hingga terlalu dalam, kamu bisa bersihkan cukup bagian luarnya saja. Jika bagian dalam, kamu bisa menyerahkannya kepada bengkel atau bisa kamu kerjakan asalkan kamu memiliki kemampuan.

Bersihkan Bagian Bodi Motor

Kemudian setelah rantai beserta mesin dan beberapa bagian dalamnya sudah bersih dari kotoran, selanjutnya adalah dengan membersihkan di bagian bodi motor dan mobil. Jika bagian bodi, kamu bisa membersihkannya cukup dengan air kran dengan menggunakan selang dan diarahkan ke arah bodi kendaraan.

Pada tahap ini, kamu melakukan cuci motor seperti pada biasanya. Kamu bisa membasahi semua bodi terlebih dahulu, yang kemudian dilanjutkan memberi sampo atau sabun khusus kendaraan.

Baca juga Begini Cara Cuci Motor Vario 150

Pastikan sabun tersebut sudah merata dengan air dan keluar busa yang cukup banyak. Jika sudah kamu bisa gosok secara ringan di semua bagian bodi kendaraan.

Jika sudah semua diberikan sabun secara merata, kamu bisa membilas dengan air bersih. Agar motor kamu kinclong, kamu bisa melakukan cara ini hingga beberapa kali sampai memang benar-benar bersih.

Keringkan Motor Dengan Kain Lembut

Jika seluruh bodi kendaraan sudah bersih dan tidak lagi memiliki noda, langkah selanjutnya adalah dengan mengeringkan di beberapa bagian bodi motor yang basah. Kamu bisa keringkan dengan kain lembut secara merata di semua bagian. Lakukan ini secara perlahan agar tidak merusak cat pada motor.

Baca juga Modal Usaha Cucian Mobil Sederhana

Bagian lain yang perlu dikeringkan agar tidak ada air adalah mesin pada motor dan mobil. Jika bagian mesin masih basah, kemungkinan akan menyebabkan gangguan seperti korsleting atau sejenisnya.

Bisa Memberikan Compound Untuk Mengkilap

Cara cuci motor biar kinclong yang terakhir adalah dengan memberikan compound agar motor dan mobil semakin mengkilap. Setelah semua bodi dan juga mesin sudah kering dan sudak tidak ada air, kamu bisa menggunakan beberapa jenis semacam compound agar motor kinclong. Ini diterapkan di banyak tempat, terutama pada jok atau bodi yang menjadi visual paling pertama dari kendaraan.

Baca Juga:  Cara Jual Sayuran Organik Yang Menguntungkan

Lakukan ini beberapa kali agar tidak ada bagian bodi kendaraan yang terlihat terlalu kusam. Selanjutnya, kamu juga perhatikan rantai, serta ban. Jika memang masih ada bagian yang basah maka kamu perlu untuk mengeringkan terlebih dahulu. Olesi roda dan rantai jika perlu.

Apa Saja Keuntungan Mencuci Motor di Rumah

Ada beberapa keuntungan dari mencuci sepeda motor di rumah dibandingkan di tempat cuci steam:

  1. Mencuci sepeda motor di rumah cenderung lebih murah dibandingkan mengambil jasa cuci di tempat cuci steam.
  2. Lalu kamu dapat mencuci sepeda motor Anda kapan saja sesuai dengan jadwal Anda di rumah, sementara di tempat cuci steam mungkin memiliki jam operasional yang terbatas.
  3. Selanjutnya kamu dapat mengontrol tingkat kebersihan dan kerapian sepeda motor Anda sendiri saat mencuci di rumah.
  4. Mencuci sepeda motor di rumah dapat membantu Anda untuk melindungi sepeda motor Anda dari kerusakan yang mungkin terjadi saat diperlakukan oleh orang lain di tempat cuci steam.
  5. Mencuci di rumah juga akan lebih aman dibandingkan meninggalkan sepeda motor kita di tempat cuci steam yang tidak selalu menjamin keamanan.

Penutup

Nah ini dia cara mencuci motor agar mengkilap yang bisa kamu lakukan cukup dirumah. Jadi kamu bisa mencuci motor tanpa perlu menunggu lama-lama, tidak seperti harus menunggu di tempat steam cuci motor.

Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua.