Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan
Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan

3+ Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kue ini, berikut strategi pemasaran bisnis kue basah rumahan. Tidak ada salahnya untuk mengikuti strategi pemasaran berikut ini. Memiliki bakat kuliner biasanya membuat seseorang mencoba memasak makanan baru lebih sering.

Praktek ini membutuhkan banyak uang karena kadang-kadang akan gagal, sehingga menambah banyak biaya.

Namun, tidak semua orang yang memiliki hobi memasak hanya bisa menghabiskan uang. Anda yang memiliki bakat memasak bisa membaca peluang untuk menjalankan bisnis yang berkaitan dengan dunia memasak, salah satunya adalah bisnis kue.

Baca juga Peluang Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 1000 

Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan

Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan
Strategi Pemasaran Bisnis Kue Basah Rumahan

Menjalankan bisnis kue basah adalah bisnis yang menjanjikan karena tidak semua orang bisa melakukannya, tetapi hari demi hari semakin banyak yang membutuhkan atau menyukainya.

1. Mulai dari lingkungan

Ketika Anda memulai bisnis usaha kue basah dan ingin memasarkannya, strategi pertama yang harus anda lakukan adalah mulai dari lingkungan sekitar.

Sajikan kue yang Anda buat kepada tetangga dan biarkan mereka memberi Anda ulasan, di mana, ulasan ini dapat anda buat sebagai dasar untuk kemajuan bisnis anda.

Selain bisa memberikan uang tunai, dengan strategi ini Anda juga bisa menghemat biaya promosi karena cukup melakukannya di rumah tanpa harus membayar transportasi.

Baca Juga:  Pentingnya Menerapkan Strategi Harga yang Tepat dalam Persaingan

2. Memberikan Tester Kepada Calon Pelanggan

Karena bisnis kue ini berkaitan dengan rasa, tidak ada salahnya memberikan kue tester kepada calon pelanggan agar mereka merasakan terlebih dahulu kualitas kue yang mereka siapkan.

Kemudian setelah mereka mencoba rasa kue basah yang anda buat, mereka akan tahu bagaimana mencicipi produk yang Anda buat, maka mereka akan mempercayai Anda untuk melakukannya

3. Gunakan media sosial untuk pemasaran bisnis kue basah Anda

Tips strategi pemasaran bisnis kue basah rumahan yang selanjutnya adalah dengan mengoptimalkan sosial media sebagai media promosi bisnis anda/ Selain melakukan pemasaran langsung, anda juga bisa melakukan pemasaran melalui jejaring sosial. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat memposting foto dan deskripsi produk ke tujuan yang akan dituju.

Manfaatkan broker apa pun yang anda miliki, selama broker itu gratis.

Dengan jejaring sosial, produk kue yang Anda buat dapat diketahui banyak orang dan, tentu saja, mereka dapat tumbuh.

Saat menggunakan jejaring sosial, usahakan untuk selalu memposting pada waktu-waktu tertentu agar banyak orang melihatnya. Selain itu, hindari memposting terlalu sering, karena hanya akan membuat spam di beranda orang lain.
Berikan hadiah

Banyak orang tertarik pada hal-hal gratis. Anda bisa menggunakan kondisi ini sebagai strategi pemasaran agar bisnis kue Anda mendapat banyak pelanggan setia.

Anda dapat memberikan hadiah kepada konsumen yang telah berhasil mengundang teman-teman mereka untuk berbelanja sebagai gantinya. Karena itu, akan ada banyak konsumen baru yang akan datang atas rekomendasi teman-teman mereka.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan bonus kepada konsumen yang mempromosikan produk anda di jejaring sosial. Partisipasi dalam pemasaran produk tentu membutuhkan apresiasi.

Memberikan hadiah berupa diskon atau produk gratis akan menarik mereka untuk ikut serta dalam promosi bisnis kue Anda secara berulang-ulang.

Baca Juga:  Pentingnya Membangun Etos Kerja yang Kuat dalam Tim Anda

Baca juga Ide Jualan Makanan Online Untuk Pemula

4. Buat Kue Se-Kreatif Mungkin Untuk Menarik Perhatian Pelanggan

Cara memasarkan kue basah yang selanjutnya adalah dengan membuat kue dengan se-kreatif mungkin. Pada dasarnya, semua kue memiliki tekstur yang sama dan rasa yang sama, perbedaannya adalah tampilan dan nuansa. Jika Anda ingin banyak konsumen tertarik dengan bisnis kue di mana Anda tinggal, buatlah metode unik yang berbeda dari yang lain.

Gunakan kreativitas Anda untuk menghias kue yang Anda hasilkan agar lebih menarik. Anda dapat membuat bentuk kue sesuai dengan target pasar, baik itu anak-anak, remaja atau orang dewasa.

Semakin unik dan indah penampilan kue, semakin banyak konsumen yang tertarik.

5. Menjual di tempat keramaian

Cara memasarkan kue buatan sendiri
Cara memasarkan kue buatan sendiri

Cara memasarkan kue buatan sendiri yang selanjutnya adalah dengan menjual di pasar atau tempat keramaian atau bisa juga di pasar kaget. Biasanya Jumat, Sabtu, dan minggu adalah waktu terbaik untuk menjalankan bisnis. Baik itu di dekat masjid setelah sholat jumat, dekat dengan pasar atau di event car free day.

Waktu lain yang sangat yang bisa meningkatkan penjulan usaha kue basah ini adalah saat bulan Ramadhan. Kue basah sering dicari sebagai alternatif sarapan. Seperti pedagang kuliner lainnya, omset mereka bisa berlipat ganda di Bulan Ramadhan karena kecenderungan orang untuk menjadi lebih banyak konsumen di bulan puasa.

Baca juga Cara Pemasaran Usaha Snack 500an

6. Menitipkan Produk Kue Basah Ke Toko-Toko Kelontong

Strategi pemasaran bisnis kue basah rumahan yang satu ini walaupun cara tradisional, tetapi sangat efektif. Adalah dengan menitipkan produk ke toko. Dengan catatan, Anda dapat menjaga kualitas produk dan menetapkan harga yang menguntungkan, mengingat di kantin dan Kios harga seperti itu cukup murah.

7. Menerima Pesanan Untuk Event

Biasanya kue basah sering menjadi pilihan isian untuk kotak makanan ringan yang dibagikan pada pertemuan, seperti pertemuan, seminar, pertemuan sosial, dan semacamnya. Anda harus pandai mencari peluang dengan mendekati komunitas dan agensi tertentu yang akan mengadakan pertemuan seperti ini secara rutin.

Baca Juga:  Manajemen Keuangan untuk Bisnis yang Berkembang

Pesanan berkala pada waktu yang telah ditentukan akan memudahkan anda untuk membuat jadwal produksi dan membuat perkiraan penjualan.

8. Membuka pre-order

Cara memasarkan kue basah yang selanjutnya adalah dengan membuka sistem pre order. Manfaatkan media sosial dapat digunakan untuk membantu pemasaran tanpa batas. Anda dapat membuat sistem pre-order yang populer sekarang. Di benak pelanggan saat ini, pre-Order berarti eksklusivitas.

Di sisi lain, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk mengatur kapasitas dan jadwal produksi karena hanya bergantung pada pesanan yang masuk. Aktifkan pengiriman online dan layanan e-commerce untuk membantu mendapatkan distribusi ke tangan pembeli dengan cepat.

9. Menjadi pemasok yang besar untuk toko kue lain

Cara memasarkan kue basah yang terakhir adalah dengan menjadi pemasok yang besar untuk toko kue yang lain. Beberapa toko kue menengah hingga besar tidak selalu mampu mengatasi produksi kue basah. D

i sinilah kesempatan datang sebagai pemasok. Anda dapat menerapkan sistem istirahat pembelian atau pengiriman ke toko-toko ini. Atau, Anda dapat memberikan kue basah tanpa label, yang akan diisi ulang dengan label toko.

Baca juga Cara Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

Harus ditekankan bahwa bekerja dengan bagian yang lebih besar dari yang anda inginkan berarti Anda harus terus-menerus mematuhi standar kualitas dan kuantitas. Reputasi toko dipertaruhkan dengan produknya.

Penutup

Ini adalah 9 strategi pemasaran bisnis kue basah rumahan yang sukses yang dapat anda terapkan pada bisnis anda. Sabar menerapkan strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan juga dengan optimis karena tidak ada bisnis yang dapat berjalan lancar tanpa strategi pemasaran yang tepat.

Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua yang ingin menjalankan bisnis ini.