Ciri Batu Mata Kucing Asli
Ciri Batu Mata Kucing Asli

Ciri Batu Mata Kucing Asli: Panduan Menentukan Keaslian Batu Mata Kucing

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Baca artikel tentang ciri batu mata kucing asli dan cara membeli serta merawat. Tips dan FAQ lengkap untuk Anda!

Batu ini adalah salah satu jenis batu permata yang cukup populer di Indonesia. Selain sebagai bahan perhiasan, batu ini juga dipercaya memiliki beberapa khasiat seperti meningkatkan kepekaan indra dan memberikan keberuntungan.

Namun, banyak juga yang memalsukan batu ini untuk mendapatkan keuntungan finansial. Oleh karena itu, sebagai pembeli atau penggemar batu ini, kita perlu tahu ciri batu mata yang asli agar tidak tertipu oleh barang palsu. Berikut ini adalah panduan lengkap mengenai ciri-ciri nya.

Baca juga Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Ciri Batu Mata Kucing Asli

Ciri Batu Mata Kucing Asli
Ciri Batu Mata Kucing Asli

1. Warna Batu

Ciri pertama dari batu ini adalah warnanya yang cerah dan jelas. Batu ini memiliki warna dasar transparan atau putih keabu-abuan dengan garis-garis yang jelas dan tajam berwarna coklat atau hitam. Garis-garis ini disebut dengan “cat’s eye” yang memberikan efek seperti bola mata kucing yang berkilauan ketika terkena cahaya. Warna yang cerah dan jelas ini menjadi tanda khas batu.

2. Transparansi Batu

Ciri kedua dari batu model ini adalah transparansinya. Batu ini seharusnya tidak terlalu keruh atau buram. Keburaman atau kekeruhan pada batu ini biasanya menjadi indikasi bahwa batu tersebut bukan asli. Batu motif ini seharusnya memiliki transparansi yang cukup tinggi, sehingga dapat memancarkan cahaya dengan jelas.

Baca Juga:  Peran SGM dalam Mendukung Pemberian ASI bagi Bayi

3. Kekerasan Batu

Ciri ketiga adalah kekerasannya. Batu ini memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 6,5 hingga 7 pada skala mohs. Jika batu tersebut mudah tergores atau terkelupas, kemungkinan besar itu adalah batu palsu.

4. Ukuran Batu

Ciri keempat adalah ukurannya. Batu ini biasanya memiliki ukuran yang kecil hingga sedang. Batu ini yang terlalu besar kemungkinan besar bukan asli, karena batu ini biasanya terbentuk dalam ukuran yang kecil-kecil.

5. Serat Batu

Ciri kelima adalah serat batunya. Batu ini memiliki serat yang lurus dan sejajar, sehingga memberikan efek seperti bola mata kucing yang berkilauan ketika terkena cahaya. Serat yang lurus dan sejajar ini menjadi tanda khas batu yang satu ini.

6. Kutub Batu

Ciri keenam adalah kutub batunya. Batu ini biasanya memiliki kutub yang jelas dan tajam, sehingga memberikan efek bola mata kucing yang berkilauan ketika terkena cahaya. Jika batu tersebut tidak memiliki kutub yang jelas.

Baca juga Daftar Distributor Makanan Kucing

7. Sumber Batu

Ciri ketujuh adalah sumber batunya. Batu model ini biasanya berasal dari daerah-daerah tertentu, seperti Sri Lanka, India, Brazil, dan Madagascar. Batu dari sumber yang asli biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan batu palsu yang berasal dari daerah lain.

8. Harga Batu

Ciri kedelapan adalah harga batunya. Batu ini termasuk ke dalam jenis batu permata yang cukup langka, sehingga harganya relatif mahal. Harga yang terlalu murah bisa menjadi tanda bahwa batu tersebut bukan asli.

9. Sertifikat Keaslian Batu

Ciri yang selanjutnya adalah sertifikat keaslian batunya. Biasanya batu model ini disertai dengan sertifikat keaslian dari lembaga yang terpercaya. Sertifikat ini memastikan bahwa batu tersebut benar-benar asli dan memiliki kualitas yang baik.

10. Perbedaan Dengan Batu Lain

Ciri yang selanjutnya adalah perbedaannya dengan jenis batu permata lain. Batu ini jika yang asli memiliki ciri khas “cat’s eye” yang unik dan tidak dimiliki oleh jenis batu permata lain. Jika kita menemukan batu permata yang terlihat mirip dengan batu dengan motif mata kucing namun tidak memiliki “cat’s eye”, kemungkinan besar itu bukan ciri batu asli.

Baca Juga:  Mengatasi Masalah Tenggorokan pada Bayi: Penyebab dan Pengobatan

11. Tes Uji Batu

Ciri yang selanjutnya adalah dengan tes uji batunya. Ada beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian batu ini, seperti tes sinar-X dan tes refraksi. Tes ini biasanya dilakukan oleh ahli gemologi atau penjual batu permata yang terpercaya.

Baca juga Cara Pasang Tali Kucing Dengan Benar

12. Keaslian Penjual

Ciri yang terakhir adalah keaslian penjual batunya. Memastikan bahwa penjual batu tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dapat membantu kita mendapatkan ciri batu asli dengan kualitas yang baik.

Tips Membeli Batu Motif Mata Kucing Asli

Tips Membeli Batu Motif Mata Kucing Asli
Tips Membeli Batu Motif Mata Kucing Asli

Selain memperhatikan ciri batu mata kucing asli, ada beberapa tips lain yang dapat membantu kita membeli batu yang asli dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa tips tambahan yang dapat kita gunakan saat membeli batu dengan motif ini:

Beli dari toko batu permata yang terpercaya

Pastikan kita membeli dari toko batu permata yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Toko yang terpercaya biasanya memiliki pengalaman yang cukup dan dapat memberikan sertifikat keaslian yang mereka jual.

Perhatikan kondisi batu 

Kita perlu memperhatikan kondisi yang akan kita beli. Pastikan batu tersebut dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jangan ragu untuk meminta bantuan ahli gemologi untuk membantu menilai kualitas batu yang akan kita beli.

Hindari membeli dari penjual yang tidak dapat memberikan informasi lengkap

Hindari membeli batu dari penjual yang tidak dapat memberikan informasi lengkap mengenai batu tersebut. Penjual yang jujur dan terpercaya akan memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai batu yang mereka jual.

Baca juga Cara Menghilangkan Oli Dari Bulu Kucing

Hindari membeli batu yang dijual dengan harga terlalu murah atau terlalu mahal

Hindari membeli ciri batu mata yang asli yang dijual dengan harga terlalu murah atau terlalu mahal. Harga batu yang terlalu murah kemungkinan besar adalah batu palsu, sedangkan harga batu yang terlalu mahal kemungkinan besar merupakan harga yang dibuat-buat oleh penjual.

Selalu minta sertifikat keaslian batu

Selalu minta sertifikat keaslian batu yang akan kita beli. Sertifikat ini memastikan bahwa batu tersebut benar-benar asli dan berkualitas.

Baca Juga:  3+ Daftar Distributor Makanan Kucing Murah

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, kita dapat memastikan bahwa batu yang kita beli adalah asli dan berkualitas. Selain itu, kita juga dapat menghindari penipuan dan mendapatkan harga yang wajar untuk batu yang kita beli.

Cara Merawat Batu Mata Kucing

Cara Merawat Batu Motif Mata Kucing Asli
Cara Merawat Batu Motif Mata Kucing Asli

Setelah membeli batu yang asli dan berkualitas, kita juga perlu memperhatikan cara merawatnya agar batu tersebut tetap terjaga keasliannya dan tidak rusak. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk merawat batu mata hewan kucing:

Membersihkan Batu Secara Rutin

Kita perlu membersihkan batu secara rutin untuk menjaga kilau dan keasliannya. Gunakan sikat lembut atau kain bersih yang dibasahi dengan air hangat dan sabun lembut untuk membersihkan batu tersebut.

Menjauhkannya dari Bahan Kimia Berbahaya

Ciri kucing asli sangat sensitif terhadap bahan kimia seperti deterjen, kosmetik, dan parfum. Oleh karena itu, kita perlu menjauhkan batu tersebut dari bahan-bahan kimia tersebut agar tidak merusak keasliannya.

Menyimpan Batu di Tempat yang Aman dan Kering

Kita perlu menyimpan di tempat yang aman dan kering, seperti kotak atau wadah khusus untuk batu permata. Hindari menyimpan batu tersebut bersama dengan benda-benda tajam atau kasar yang dapat merusak batu.

Menghindari Suhu yang Ekstrem

Batu jenis ini juga sangat sensitif terhadap suhu yang ekstrem, seperti suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Oleh karena itu, kita perlu menghindari menyimpan batu tersebut di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang terlalu dingin.

Dengan merawat dengan baik, kita dapat mempertahankan keasliannya dan menjaga kualitasnya. Selain itu, batu dengan model ini juga dapat menjadi investasi yang menguntungkan jika dijaga dengan baik dan dipelihara dengan benar. Oleh karena itu, perhatikan cara merawat batu ini dengan baik dan jangan lupa untuk selalu merawatnya secara rutin.

Kesimpulan

Ciri batu mata kucing asli memiliki beberapa ciri-ciri yang dapat dijadikan acuan untuk menentukan keasliannya. Warna yang cerah, transparansi yang tinggi, kekerasan yang cukup tinggi, ukuran yang kecil hingga sedang, serat yang lurus dan sejajar, kutub yang jelas, sumber batu yang asli, harga yang wajar, sertifikat keaslian, perbedaan dengan jenis batu permata lain, tes uji batu, keaslian penjual, tips membeli batu, dan cara merawat batu ini.

Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, kita dapat memastikan bahwa batu motif mata kucing yang kita beli adalah asli dan memiliki kualitas yang baik.