Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu
Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Kita akan membahas secara lengkap cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu serta cara mengujinya yang benar.

Batu mata kucing merupakan salah satu jenis batu akik yang populer di Indonesia. Batu ini memiliki banyak penggemar karena memiliki keindahan yang menawan dan konon katanya juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Namun, semakin populernya batu dengan motif ini, semakin banyak juga oknum yang memalsukan batu tersebut. Oleh karena itu, sebagai penggemar batu cincin, Anda perlu mengetahui cara menguji batu dengan corak mata kucing asli agar tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan batu mata kucing asli dan palsu yang sudah dirangkum oleh fanzinefaves dari berbagai sumber.

Apa itu Batu Corak Mata Kucing?

Sebelum membahas cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu batu corak mata kucing. Biasanya batu ini adalah batu akik yang memiliki warna dasar putih transparan atau bening, dengan garis-garis atau bintik-bintik berwarna merah atau oranye kecoklatan.

Nama “mata kucing” diberikan karena batu ini memiliki efek optik yang menyerupai mata kucing. Batu akik corak mata kucing ditemukan di beberapa negara di dunia, termasuk India, Sri Lanka, dan Brasil.

Baca Juga:  Mengenali dan Mengatasi Alergi Gandum pada Bayi: Pengganti dan Diet

Baca juga cara menghilangkan oli dari bulu kucing

Mengapa Kita Menguji Batu Mata Kucing Asli?

Mengapa kamu harus tau bagaimana cara menguji batu mata kucing asli. Semakin populer jenis ini, semakin banyak pula oknum yang memalsukan batu tersebut. Jika kita tidak menguji keaslian motif ini, kita bisa tertipu dan membeli batu dengan mata kucing palsu dengan harga yang lebih mahal dari seharusnya.

Selain itu, batu cincin dengan corak mata kucing palsu juga tidak memiliki nilai estetika dan khasiat kesehatan seperti batu dengan corak mata kucing yang asli. Dengan menguji keaslian batu dengan corak mata kucing, kita dapat memastikan bahwa batu yang kita beli adalah benar-benar asli yang memiliki nilai estetika dan khasiat kesehatan yang sebenarnya.

Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batu Mata Kucing Asli dan Palsu
Cara Membedakan Batu motif Mata Kucing yang Asli dan yang Palsu

Berikut adalah beberapa cara untuk membedakan batu akik dengan motif mata kucing asli dan yang palsu:

1. Uji keaslian dengan cahaya

Salah satu cara paling mudah untuk membedakan batu cincin mata kucing asli dan yang palsu adalah dengan menggunakan cahaya. Caranya adalah dengan memasukkan batu cincin motif ini ke dalam gelas air, kemudian diarahkan ke sumber cahaya. Jika batu cincin ini asli akan memantulkan cahaya dengan jelas dan tajam, sedangkan jika palsu cenderung kurang jelas atau tidak memantulkan cahaya dengan sama sekali.

2. Cara Menguji batu Mata Kucing Asli Yaitu Dengan Menguji Tingkat Kekerasan

Batu akik dengan motif mata kucing yang asli memiliki tingkat kekerasan yang cukup tinggi, sehingga sulit diukir atau dibentuk. Jika Anda ingin memastikan keaslian batu akik ini, Anda dapat mencoba menggoreskan benda tajam ke permukaannya. Jika batu sulit diukir atau tidak mudah tergores, kemungkinan besar batu tersebut asli.

Baca Juga:  Mengenali dan Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi: Diet dan Pengobatan

Baca juga Cara Pasang Tali Kucing

3. Uji warna batu

Batu dengan motif mata kucing yang asli memiliki warna merah atau oranye kecoklatan yang jelas dan tajam, sedangkan jika palsu cenderung memiliki warna yang lebih kabur atau samar. Jika Anda ingin memastikan keaslian batu cincin dengan motif mata kucing, perhatikan dengan seksama warna garis-garis atau bintik-bintik pada batu tersebut.

4. Uji dengan magnet

Cara menguji batu mata kucing asli yaitu bisa dengan uji yang dibantu dengan alat bantu magnet. atu mata kucing asli tidak akan menempel pada magnet, sedangkan jika batu cincin ini palsu cenderung menempel pada magnet. Jika Anda ingin memastikan keaslian dari batu cincin jenis ini, cobalah menempelkan magnet ke batu tersebut.

5. Uji berat batu

Jika batu cincin asli memiliki berat yang cukup berat, sedangkan kalau yang palsu cenderung lebih ringan. Jika Anda ingin memastikan keaslian dari batu cincin dengan motif ini, cobalah menimbang batu tersebut dan perhatikan beratnya.

6. Uji dengan sinar UV

Batu dengan motif mata kucing yang asli memiliki sifat fotoluminesensi, yaitu dapat memancarkan cahaya ketika disinari dengan sinar UV. Jika Anda ingin memastikan keaslian dari batu ini, coba disinari dengan sinar UV dan perhatikan apakah batu tersebut memancarkan cahaya.

7. Uji dengan air

Batu motif mata kucing yang asli memiliki sifat hidrofobik, yaitu tidak mudah menyerap air. Jika Anda ingin memastikan keaslian batu ini, cobalah memasukkan batu tersebut ke dalam air dan perhatikan apakah batu tersebut menyerap air atau tidak.

8. Uji dengan menggunakan mikroskop

Uji dengan menggunakan mikroskop
Uji dengan menggunakan mikroskop

Jika Anda ingin memastikan keaslian ini dengan lebih teliti, Anda dapat menggunakan mikroskop. Batu ini jika yang asli memiliki pola garis-garis yang jelas dan tajam, sedangkan kalau batu ini palsu cenderung memiliki pola yang tidak jelas atau tidak simetris.

Baca Juga:  10 Cara Menghilangkan Oli Dari Bulu Kucing, Ampuh!

9. Perhatikan harga

Harga batu dengan motif mata kucing yang bener-bener asli biasanya lebih mahal dibandingkan dengan batu yang palsu. Jika Anda menemukan jenis cincin ini dengan harga yang terlalu murah, kemungkinan besar batu tersebut palsu.

Baca juga Ciri Batu Mata Kucing Asli

10. Beli dari sumber terpercaya

Cara terbaik untuk memastikan keaslian dari batu ini adalah dengan membeli dari sumber yang terpercaya. Belilah cincin ini hanya dari toko-toko batu akik terpercaya atau dari kolektor batu akik yang terpercaya.

Kesimpulan

Batu dengan motif mata kucing adalah batu akik yang populer di Indonesia, namun semakin banyaknya oknum yang memalsukan batu tersebut membuat kita harus lebih hati-hati dalam membeli batu ini.

Ada beberapa cara membedakan batu mata kucing asli dan palsu, antara lain dengan uji cahaya, uji kekerasan batu, uji warna batu, uji dengan magnet, uji berat batu, uji dengan sinar UV, uji dengan air, uji dengan menggunakan mikroskop, dan membeli dari sumber terpercaya.