Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mudah

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan
Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan

Cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan adalah salah satu ilmu dasar yang perlu Anda ketahui sebagai pengguna laptop atau komputer untuk menghindari masalah lambat saat menyalakan laptop. Karena, tentu saja, kita akan terganggu ketika laptop atau komputer yang kita hadapi memiliki masalah lambat yang pasti akan membuat pekerjaan kita terputus-putus atau cacat.

Nah, oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan menulis cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan agar terhindar dari masalah laptop yang lambat saat dinyalakan atau dinyalakan untuk pertama kalinya. Meski terkesan dengan informasi dasar, namun sayangnya hingga saat ini masih ada beberapa orang atau pengguna laptop yang masih belum tahu bagaimana langkah yang tepat untuk bisa mempercepat pengisian daya laptop saat dihidupkan.

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan ?

Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan
Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan

Tentu saja, semua orang akan terganggu dan juga akan terganggu jika Anda memiliki laptop yang lambat saat Anda menyalakannya untuk pertama kali atau saat Anda menyalakannya untuk pertama kali. Karena beban yang begitu lama membuatnya tidak dapat dengan cepat mengerjakan berbagai pekerjaan atau tugas tepat waktu.

Bahkan, ada beberapa hal yang bisa membuat laptop lambat saat dinyalakan untuk pertama kalinya. Di antara mereka ada banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis setelah menyalakan laptop, atau mungkin karena pengaturan boot yang salah.

Nah biasanya banyak yang nanya mengenai kenapa laptop saya kalau dinyalakan lama, bagi anda yang sedang mengalami masalah kelambatan pada laptop ketika baru pertama kali dihidupkan, tenang saja karena di bawah ini saya telah menulis beberapa cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan.

1. Cara Mempercepat Loading Laptop Saat Dinyalakan Dengan Mematikan Efek Yang Tidak Penting

Seiring dengan perkembangan zaman teknologi, sistem operasi Windows kini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memungkinkan kita untuk mendapatkan tampilan keren dari sistem operasi Windows.

Salah satunya adalah sistem operasi Windows 10 yang saat ini memiliki berbagai efek visual untuk mempercantik dan mempercantik tampilan laptop anda.

Cara Membuka Baterai Laptop Acer Dengan Mudah 2022

Namun sayangnya, karena ada efek visual yang dapat berdampak pada kinerja laptop yang akan terpengaruh oleh efek visual tersebut. Jadi, bagaimana mempercepat pemuatan laptop ketika dihidupkan, Anda dapat dengan menonaktifkan efek yang tidak signifikan dalam sistem operasi.

Di Windows 10, Anda dapat meningkatkan kecepatan boot dengan menonaktifkan efek visual yang tidak begitu penting, seperti efek kursor atau kursor. Berikut cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan dengan mematikan efek visual.

  • Pertama, Buka Windows Explorer.
  • Klik kanan pada komputer ini.
  • Kemudian pilih Properties.
  • Klik pada tab Pengaturan Sistem lanjutan.
  • Selanjutnya, pilih tab Advanced, lalu pilih performance, lalu pilih Settings.
  • Sekarang, akhirnya, periksa opsi yang mengatakan tuning untuk kinerja terbaik.
  • Ketuk Terapkan, lalu pilih OK dan mulai ulang laptop anda. Rasakan perbedaan dan perubahan.

2. Nonaktifkan fitur Jendela Transparan di Windows

Selain efek gerakan pada kursor, windows juga memiliki fungsi jendela transparan yang dapat membuat tampilan sistem operasi yang Anda gunakan lebih elegan dan futuristik.

Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3g Di Smartfren Andromax C

Tetapi sama seperti efek sebelumnya, jika kita menggunakan mode jendela transparan, tentu saja akan berdampak pada kinerja laptop yang akan terpengaruh. Mode transparan juga merupakan salah satu alasan mengapa laptop lambat ketika dihidupkan untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, Anda dapat menonaktifkan fungsi transparan ini di Windows.

Bagi anda yang belum tahu caranya, berikut cara mempercepat pengisian daya laptop saat dinyalakan dengan mematikan Mode Jendela Transparan.

  • Pertama, klik kanan pada layar wallpaper desktop atau laptop anda.
  • Kemudian pilih menu Kustomisasi.
  • Selanjutnya, pilih tab Warna.
  • Maka Anda hanya perlu mematikan fitur jendela transparan yang terletak di jendela pengaturan warna.
  • Selesai, sekarang Anda hanya perlu me-restart laptop Anda dan merasakan perbedaannya.

3. Aktifkan fitur startup Cepat windows

Cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan setelah itu, Anda dapat mengaktifkan fungsi startup Cepat windows. Dimana, seperti namanya, fungsi ini memungkinkan laptop untuk menyala dengan cepat.

Nah, bagi anda yang ingin menyingkirkan kinerja lamban pada laptop saat dihidupkan untuk pertama kalinya, manfaatkan saja fitur ini untuk mempercepat loading laptop saat dihidupkan.

Bagi anda yang belum tahu cara mengaktifkan fitur ini. Berikut cara mempercepat pemuatan laptop saat dihidupkan menggunakan fungsi startup Cepat windows.

  • Pertama tekan tombol Windows.
  • Kemudian Anda mencoba menemukan “penyesuaian rencana daya” dan kemudian membuka aplikasi jika Anda menemukannya.
  • Selanjutnya, di bilah alat atau URL bagian panel kontrol, pilih menu Opsi Daya atau kembali ke satu folder sebelumnya.
  • Lihatlah menu di sebelah kiri dengan kata-kata pilih apa yang dilakukan tombol daya.
  • Klik Ubah Pengaturan yang saat ini tidak tersedia.
  • Terakhir, periksa menu Aktifkan Peluncuran Cepat.
  • Pilih tombol Simpan Perubahan.
  • Agar dapat merasakan perbedaan kinerja laptop sebelumnya, restart laptop terlebih dahulu, lalu rasakan perbedaannya.

4. Cara mempercepat loading pc dengan menonaktifkan layanan Windows

Cara mempercepat loading pc dengan menonaktifkan layanan Windows
Cara mempercepat loading pc dengan menonaktifkan layanan Windows

Sistem operasi Windows sebenarnya terdiri dari banyak layanan yang ada untuk membentuk sistem operasi yang sangat kompleks. Nah, dalam sistem operasi Windows ini, tentu saja, terkadang ada layanan Windows yang tidak terasa sangat penting, jadi apakah layanan itu ada atau tidak, itu tidak terlalu mempengaruhi kinerja laptop.

Sekarang anda dapat mempercepat laptop windows + r dengan mematikan layanan Windows yang tidak begitu diperlukan. Beberapa layanan Windows ini akan berjalan secara otomatis meskipun kami belum menyalakannya sebelumnya.

Akibatnya, tentu saja, hal itu akan berdampak pada kinerja laptop Windows yang akan terasa lebih lambat atau lebih berat. Jadi, inilah cara mempercepat pemuatan laptop saat dihidupkan dengan menonaktifkan layanan Windows yang tidak begitu penting.

  • Jenis pertama adalah Windows + R pada keyboard.
  • Kemudian ketik” msconfig ” dan kemudian buka aplikasi.
  • Kemudian, setelah dibuka, pilih beberapa layanan yang tidak diperlukan atau tidak terlalu diperlukan dengan menghapus tanda centang pada beberapa layanan Windows.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menekan APPLY lalu OK.
  • Restart laptop anda untuk merasakan perbedaannya.

Ini adalah salah satu cara mempercepat loading laptop saat dinyalakan. Kami berharap informasi yang saya sajikan kali ini akan bermanfaat bagi anda yang terganggu oleh kinerja laptop yang lambat dan tidak optimal yang digunakan untuk pekerjaan ringan atau berat.