Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi

Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi
Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi

Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi – Pernahkah Anda mengalami bahwa pengisi daya Laptop Asus tidak dapat diisi? Bagi sebagian pengguna Laptop Asus, kecelakaan semacam ini cukup umum terjadi. Ketika Anda mengalami hal serupa, Anda tidak perlu khawatir berlebihan.

Hal ini dikarenakan cara memperbaiki charger laptop tidak mengisi sangat mudah dilakukan. Tidak hanya mudah untuk melakukan ini, memperbaiki pengisi daya Laptop Asus yang bebas biaya tidak memakan banyak waktu.

Namun sebelum memperbaikinya, akan lebih baik bagi anda untuk mengetahui penyebab masalahnya. Untuk mengetahui alasan dan cara memperbaiki masalah Charger Laptop Asus, berikut informasinya untuk anda.

Alasan Mengapa Charger Laptop Asus Tidak Mengisi

Alasan Mengapa Charger Laptop Asus Tidak Mengisi
Alasan Mengapa Charger Laptop Tidak Mengisi

Sebelum kita masuk ke diskusi tentang cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi, akan lebih baik untuk mengetahui berbagai alasan pertama.

Masalah pengisi daya Laptop tidak mengisi daya cukup umum. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penasaran, apa alasan mengapa Charger Laptop tidak mengisi daya? Mari kita lihat informasi berikut!

Kerusakan kabel

Alasan pertama yang dapat menyebabkan pengisi daya Laptop tidak mengisi daya adalah masalah dengan kabel pengisi daya. Salah satu cara untuk menunjukkan kerusakan pada kabel pengisi daya adalah mengupas kulit kabel, adanya bekas kerut dan bau plastik yang terbakar.

Selain beberapa kerusakan yang terlihat, kerusakan pada kabel charger sering terjadi pada casing atau tidak terlihat. Seringkali pengisi daya laptop tidak mengisi daya karena kabel terputus yang terletak di dalam kasing. Kabel yang terputus biasanya merupakan hasil dari tarikan kabel yang kuat.

Tidak menutup kemungkinan juga bahwa charger laptop yang anda miliki mengalami konslet. Maka cara memperbaiki charger laptop yang konslet bisa dikatakan cukup mudah juga di atasi.

Kerusakan adaptor

Adanya kerusakan pada adaptor juga dapat menyebabkan pengisi daya Laptop Asus tidak mengisi daya. Biasanya, adaptor bawaan untuk laptop dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi berbagai masalah yang terkait dengan catu daya.

Salah satu masalah yang dapat dideteksi adalah ketidakstabilan tegangan pada charger laptop sehingga charger dapat bekerja secara normal. Oleh karena itu, jika ada masalah dengan komponen adaptor, dapat menyebabkan pengisi daya tidak dapat mengisi daya.

Kerusakan pada port pengisi daya

Alasan charger laptop asus tidak mengisi di bawah ini adalah masalah dengan port pengisi daya pada laptop asus tersebut. Kerusakan pada port pengisi daya dapat terjadi karena seringnya penggantian pengisi daya laptop. Selain itu, penyebab kerusakan lainnya adalah karena adhesi debu ke outlet, yang mempengaruhi koneksi pengisi daya ke outlet.

Kerusakan baterai

Banyak juga yang bertanya mengenai kenapa charger laptop asus tidak bisa mengisi. Salah satu alasan utama mengapa charger laptop asus tidak mengisi adalah kerusakan pada baterai laptop yang mulai drop. Baterai laptop yang rusak biasanya ditandai dengan penurunan kapasitas energi yang dapat disimpan. Dengan kata lain, baterai bisa bertahan lebih lama dari biasanya.

Bahkan, jika baterai benar-benar rusak, itu tidak akan digunakan sama sekali. Jika baterai tidak dapat digunakan, itu akan secara langsung mempengaruhi proses pengisian laptop. Dengan kata lain, baterai yang rusak pasti akan memiliki masalah terkait pengisi daya yang tidak dapat mengisi daya laptop.

Cara Memperbaiki Charger Laptop Asus Tidak Mengisi

Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi
Cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi

Setelah mengetahui beberapa alasan kegagalan fungsi kabel pengisi daya Laptop Asus, saatnya mendengarkan informasi tentang cara memperbaikinya. Berikut adalah cara-cara yang dapat dicoba untuk Memperbaiki charger Laptop Asus Tidak pengisian.

Memeriksa colokan kabel pengisi daya laptop

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk cara memperbaiki charger laptop tidak mengisi adalah dengan memeriksa steker kabel pengisi daya. Anda perlu memeriksa apakah kabel pengisi daya terpasang dengan benar atau tidak.

Cara Nobar Di Telegram Dengan Mudah

Jika steker berada di port yang salah, daya yang berasal dari pengisi daya tidak akan dapat mengarahkannya dan masuk ke laptop. Karena itu, selalu pastikan steker kabel pengisi daya yang digunakan terhubung dengan benar.

Adaptor pengisi daya pendingin

Cara lain untuk memperbaiki pengisi daya Laptop Asus yang tidak mengisi daya adalah dengan mendinginkan adaptor pengisi daya. Saat ini, banyak pengguna laptop jarang melepaskan pengisi daya dari listrik. Ini, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan transformator memanas dengan cepat, sehingga mengganggu kinerja komponennya.

Baca Juga Cara menginstal Photoshop di laptop (CS6) untuk Windows 7/8/10
Oleh karena itu, sebagai tindakan pencegahan, Anda harus melepaskan pengisi daya saat tidak digunakan. Dengan melepaskan pengisi daya laptop saat tidak digunakan, Anda juga dapat merawat berbagai komponen pengisi daya, termasuk adaptor.

Melepas baterai laptop

Berbeda dengan dua cara yang sebelumnya yang bisa diterapkan pada semua jenis Laptop Asus, Dan Cara Memperbaiki charger Laptop Asus, yang satu ini tidak bisa digunakan pada semua laptop ASUS.

Cara Merubah Sinyal Edge Menjadi 3g Di Smartfren Andromax C

Saat ini, banyak laptop ASUS mulai memiliki baterai yang ditanamkan atau tidak dapat dilepas. Oleh karena itu, metode ini hanya dapat digunakan untuk laptop yang memiliki baterai yang dapat dilepas.

Jika laptop memiliki baterai yang dapat dilepas, maka metode ini adalah cara yang efektif untuk memperbaiki pengisi daya laptop yang tidak mengisi daya. Selain itu, metode ini hanya dapat berfungsi jika sumber masalahnya terletak pada baterai laptop.

Pastikan kabel pengisi daya dalam kondisi baik

Selain tiga cara di atas, cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi, yang lain adalah memastikan bahwa kabel charger dalam kondisi baik. Kasus yang baik yang dimaksud adalah kasus kabel di mana tidak ada bagian yang rusak, bengkok atau bengkok.

Baca Juga Kelebihan Dan Kekurangan Google Chrome, browser paling populer di dunia
Seperti dijelaskan di atas, kabel yang putus pada casing atau adanya bekas lipatan dapat mengganggu aliran daya dari pengisi daya ke laptop. Karena itu, sebelum menggunakan pengisi daya, selalu pastikan casing kabel pengisi daya dalam kondisi baik.

Memeriksa konektor tegangan dan pengisi daya

Cara terakhir untuk memperbaiki pengisi daya laptop adalah dengan memeriksa tegangan pengisi daya dan memeriksa konektor.

Pada saat memeriksa tegangan, pastikan tegangan yang dimiliki pengisi daya dan laptop memiliki besaran yang sama. Jumlah tegangan yang sama dapat menjadi indikator bahwa proses pengisian berjalan dengan lancar.

Karena itu, jika Anda menemukan perbedaan tegangan antara pengisi daya dan laptop, Anda harus segera mengganti pengisi daya yang digunakan. Dengan cara ini, masalah pengisi daya yang tidak ingin mengisi daya tidak akan terjadi lagi.

Cara Membuka Baterai Laptop Acer Dengan Mudah 2022

Itu dia alasan dan cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi. Anda dapat secara mandiri mempraktikkan metode yang dijelaskan di atas dengan mudah dan cepat. Kami berharap informasi di atas akan membantu Anda menyelesaikan masalah pengisi daya pada Laptop Asus.

Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua.