Cara Melaporkan Toko Di Lazada
Cara Melaporkan Toko Di Lazada

Cara Melaporkan Toko Di Lazada

Diposting pada

Cara melaporkan toko di Lazada – Belanja online makin ngetren, jadi gak heran kalo platform e-commerce kayak Lazada makin kebanjiran user.

Buat penjual, ini kesempatan emas buat jualan produk mereka. Tapi kita juga harus waspada, bro. Pasalnya, gak jarang ada penjual nakal yang bikin kita harus nyari cara ngadu toko di Lazada.

Atau malah lo yang lagi cari cara blokir penjual di Lazada karena udah kesel sama penipuan yang lo alamin?

Gapapa, itu wajar dilakuin. Meskipun mayoritas penjual di platform ini jujur, tapi tetep aja ada aja penjual penipu yang bertebaran di Lazada. Nah, gimana sih caranya ngadu toko penipu di Lazada? Yuk, simak artikel ini biar lo pada paham.

Baca juga Cara Menghapus Pesanan di Lazada

Cara Melaporkan Toko Di Lazada

Cara Melaporkan Toko Di Lazada
Cara Melaporkan Toko Di Lazada

Baru-baru ini beredar berita tentang penipuan di Lazada yang terjadi pas beli barang secara COD (Cash on Delivery). Padahal, sistem beli ini kan bikin kita pada merasa aman. Kalo ada penipuan, tentu aja bikin kita ragu untuk transaksi lagi.

Tapi tenang, bro. Lo gak usah khawatir. Lo bisa ngelakuin cara melaporkan toko di Lazada. Tujuannya biar pihak e-commerce bisa atasi penjual penipu di Lazada dan lo bisa tenang.

Tapi sebelum itu, pastiin dulu kalo lo udah memenuhi persyaratannya:

  1. Transaksi lo udah berhasil (udah selesai).
  2. Sudah punya bukti chat screenshot sama toko penjual.
  3. Punya foto/video barang yang gak sesuai.
  4. Udah ngelakuin komplain tapi penjual nolak.

Kalo lo udah punya semua itu, berarti lo bisa ngelanjutin dengan beberapa cara ngadu toko di Lazada yang melakukan kejahatan seperti penipuan ini:

Baca Juga:  6 Cara Menaikkan Produk di Lazada

Pake Pusat Bantuan Lazada

Kalo lo merasa dirugikan sama penjual penipu di Lazada, lo bisa laporin ke pusat bantuan. Caranya gampang, lo tinggal ketik “Support Lazada” di Google Chrome trus pilih Pusat Bantuan.

Setelah itu, lo bisa langsung chat sesuai keluhan yang mau lo laporin. Caranya tinggal ketik topik yang mau diomongin. Misalnya, “Aku mau ngadu penjual penipuan.”

Setelah itu, pihak Lazada di pusat bantuan bakal merespon lo tentang proses selanjutnya. Cara ngadu toko di Lazada ini gampang banget buat lo ikutin.

Langsung Kontak Customer Care

Selanjutnya, lo bisa ngelakuin cara ngadu toko di Lazada dengan langsung kontak customer care. Cara ini direkomendasi banget karena lo bakal dapet respon lebih cepet dari pihak Lazada.

Customer care Lazada bisa lo hubungi tiap hari, mulai jam 9 pagi sampe jam 5 sore. Lo bisa telpon ke nomor 021-80640090. Kalo lo butuh layanan 24 jam, lo bisa chat langsung sama customer care.

Kirim Email

Cara ngadu toko penipu di Lazada juga bisa lo lakuin lewat email. Meskipun kurang direkomendasi, tapi cara ini bisa lo coba kalo kontak lainnya gak bisa dihubungin.

Kalo lo mau ngeluhin, lo bisa kirim email ke lazadacare-ID@bluedot.id. Lo tinggal ikutin cara ngadu toko di Lazada dengan nulis deskripsi masalah yang lagi lo hadepin sekarang.

Kalo lo punya bukti tambahan, lo bisa lampirin lewat fitur attachment. Tapi inget, kalo lo ngontak Lazada lewat email, kadang pihak customer service nya gak respon cepet buat ngadepin berbagai keluhan pake metode ini.

Baca juga Cara Hapus Chat di Shopee

Komplain Kalo Barang di Lazada Gak Sesuai

Kalo lo ngerasa udah melaporkan toko di Lazada buat kasus penipuan atau kejahatan lainnya, lo juga bisa coba komplain dulu kalo barang di Lazada gak sesuai.

Baca Juga:  13 Cara Mencari Akun Lazada Yang Hilang

Nanti pihak Lazada bakal kasih solusi sendiri buat masalah lo itu. Jadi, sebelum ada pernyataan resmi tentang langkah penanganan yang tepat, pastiin lo gak nyari cara blokir penjual di Lazada duluan ya.

Cara komplain di Lazada bisa lo lakuin dengan langkah berikut:

Pake Live Chat

Lazada punya fitur live chat buat komplain. Layanan ini bisa lo akses 24 jam buat ngatasi masalah lo. Tinggal lo pencet menu profil di ikon Akun yang ada di pojok kanan.

Terus lo klik menu CS yang bakal bawa lo ke halaman Chat. Abis itu lo bisa pilih masalah yang sesuai dengan keluhan lo: 1. Status pesanan, 2. Pembatasan Pesanan, 3. Pengembalian Barang dan Dana.

Caranya gampang banget, kan? Makanya, kalo lo mau ngelakuin cara blokir penjual di Lazada, pastiin setelah lo dapetin pengembalian dana dan barang yang lo pengenin.

Kontak Call Center

Gak jauh beda dengan cara ngadu toko di Lazada, lo juga bisa komplain lewat call center. Nomor CS yang bisa lo hubungi adalah (021) 80640090. Pastiin lo nelponnya pas jam kerja, mulai jam 9 pagi sampe jam 5 sore.

Tapi sebelum nelpon CS, pastiin lo udah siapin beberapa berkas yang perlu lo klaim. Kayak nomor resi, nama akun, nomor telepon, dan info penting lainnya tentang akun lo.

Baca juga Cara Menghapus Alamat Utama di Lazada

Media Sosial

Terakhir, lo bisa ngelakuin cara blokir penjual di Lazada kalo proses komplain lewat media sosial udah diverifikasi. Lo bisa kontak e-commerce ini lewat pesan langsung ke akun resminya.

Beberapa akun resmi Lazada di media sosial antara lain:

  • Facebook: LazadaIndonesia
  • Twitter: @LazadaID atau @lazadacare_id
  • Instagram: @lazada_id

Ada beberapa cara buat ngadu toko di Lazada dan komplain barang gak sesuai yang bisa lo lakuin dengan langkah di atas. Pastiin semua persiapan, baik yang fisik maupun digital, udah lo siapin dengan baik biar pengaduan lo cepet direspon.

Baca Juga:  2 Cara Duplikat WA di HP Oppo Dengan Mudah

Karena banyaknya penipuan yang terjadi di platform belanja online, lebih baik lo jadi lebih hati-hati dalam belanja. Cek dulu kredibilitas penjual sebelum beli supaya lo gak jadi korban penipuan.

Tata Cara Melaporkan Toko di Lazada

Buka Aplikasi Lazada

Yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi Lazada di ponsel kamu. Pastikan kamu udah login dengan akun yang kamu gunakan saat belanja di toko yang ingin kamu laporkan. Setelah masuk ke aplikasi, cari menu “Pesanan Saya” di bagian bawah layar. Nah, di sana kamu akan melihat daftar semua pesanan yang pernah kamu lakukan.

Cari Pesanan

Cari pesanan yang terkait dengan toko yang ingin kamu laporkan. Kalau udah ketemu, tekan pesanan tersebut dan kamu akan diarahkan ke halaman detail pesanan. Di halaman tersebut, kamu akan menemukan tombol “Hubungi Penjual” atau “Ajukan Pertanyaan.” Itu dia tombol ajaib yang akan membawamu ke jalan menuju pengaduan.

Masuk ke Halama Chat dengan Penjual

Setelah menekan tombol itu, kamu akan dibawa ke halaman chat dengan penjual. Nah, di situ kamu bisa mengemukakan keluhanmu dengan jelas dan lengkap. Pastikan kamu menyertakan bukti-bukti yang mendukung keluhanmu, seperti foto barang yang nggak sesuai atau percakapan dengan penjual yang kurang memuaskan. Semakin lengkap dan jelas bukti yang kamu sertakan, semakin besar kemungkinan masalahmu diselesaikan dengan cepat.

Masukan Keluhan

Kalau sudah selesai menulis keluhan, tinggal tekan tombol “Kirim” dan voila, keluhanmu telah terkirim! Kamu bisa melihat riwayat chat dengan penjual di bagian “Chat Saya” di menu “Akun Saya.” Jadi, kalau ada tambahan informasi atau perkembangan terkait keluhanmu, kamu bisa langsung menghubungi penjual lagi melalui chat tersebut.

Penutup

Nah, itu dia pembahasan tentang Cara melaporkan toko di Lazada karena banyak penjual penipu. Setelah baca penjelasan di atas, semoga kalian gak mengalamin hal-hal yang merugikan di masa depan. Kalo masih ada pertanyaan, jangan ragu buat tulis di kolom komentar ya.