Cara Memulai Usaha Gas Elpiji
Cara Memulai Usaha Gas Elpiji

Ternyata Mudah! Begini Cara Memulai Usaha Gas Elpiji

Diposting pada

FANZINEFAVES.COM – Untuk kamu yang sedang cari peluang usaha, ternyata begini cara memulai usaha gas elpiji yang menguntungkan.

Gas elpiji, apakah itu 3 kg, 5 kg atau 12 kg, adalah salah satu barang yang paling dicari karena merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan bagi masyarakat setiap hari. Khusus untuk ibu rumah tangga, elpiji adalah bahan bakar kompor untuk memasak yang tentunya akan digunakan setiap hari.

Lalu bagaimana cara memulai usaha gas elpiji, dan apa saja keuntungan menjalankan usaha gas lpg ini? Simak artikelnya dibawah ini.

Baca juga Resiko Usaha Gas Elpiji

Keuntungan dari bisnis elpiji

Keuntungan dari bisnis elpiji
Keuntungan dari bisnis elpiji

Sebelum kita masuh kedalam pembahasan cara memulai usaha gas elpiji, kita akan sedikit membahas kira-kira apa saja keuntungan dari menjalankan bisnis gas elpiji ini. Hal-hal yang perlu Anda ketahui mengapa ada begitu banyak kios, toko, rumah tangga, dll. Yang mengelola bisnis gas minyak cair.

Pasalnya, bisa dikatakan bisnis ini sangat praktis, menguntungkan dan menjanjikan keuntungan besar tanpa harus repot dengan proses produksi dan pemasaran.

Nah, inilah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui bisnis elpiji , antara lain:

1. Mudah untuk menangani

Keuntungan utama dari bisnis penjualan elpiji 3 kg, 5 kg dan 12 kg adalah kemudahan pengoperasian. Cukup letakkan papan, tanda atau tanda di depan kios, toko atau rumah tempat Anda menjual dengan tulisan “ada elpiji.”Pembeli biasanya datang sendiri.

2. Orang yang membutuhkan dan dicari

Penjualan elpiji 3 kg akan selalu dijual dan dicari oleh masyarakat.
Terutama ketika ada kekurangan karena kelebihan pasokan dari bagian pertama.

Ketika harga gas tiba-tiba naik, Anda dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan, jadi jika Anda membeli elpiji dalam jumlah besar, Anda tidak akan pernah rugi.

Baca Juga:  Penjelasan Rincian Modal Usaha Jilbab

Mengapa orang selalu mencari gas elpiji?

Seperti yang saya jelaskan di awal, ini karena 3 kg elpiji adalah kebutuhan utama untuk kegiatan rumah tangga saat ini. Terutama untuk memasak di dapur.

Karena sekarang kita tahu bahwa bahan bakar lain seperti minyak tanah telah digantikan oleh elpiji, Karena Ada program untuk mengubah 3 kg minyak tanah menjadi gas.

Selain apa yang dibutuhkan untuk rumah tangga, kipuruan 3 kg elpiji juga diperlukan untuk usaha kecil dan Menengah (UKM). Misalnya seperti penjual Sumai, penjual bakso dan usaha kecil lainnya.

3. Modal Bisa Diatur Sesuai Dengan Anggaran Yang Anda Miliki

Untuk awal bisnis jual elpiji 3 kg, Anda bisa mulai dengan modal 300 ribu rupiah atau dengan dua pipa. Harga elpiji birtabung adalah 3 kg dan isinya sekitar 150 ribu rupiah.

Semakin banyak tabung elpiji dan gas yang bisa anda jual, semakin tinggi keuntungannya.

4. Harga stabil dan penurunan langka

Keuntungan lain dari bisnis elpiji adalah harga jual selalu stabil dan bahkan selalu meningkat setiap kali ada kekurangan.

Umumnya, peningkatan ini terjadi sebelum Bulan Puasa Ramadhan, sebelum Idul Fitri dan setelah 10 hari.

Tetapi mungkin juga elpiji juga meningkat pada hari-hari biasa. Hal ini disebabkan kurangnya persediaan, sedangkan kebutuhan masyarakat cukup besar.

Sementara itu, cara mudah dan sukses untuk memasarkan bisnis elpiji 3 kg adalah dengan menjalin kerja sama dengan pemilik restoran, perusahaan produksi makanan, pabrik makanan ringan, etc.to menghemat 3 kg elpiji dalam jumlah tertentu.

Memilih untuk menjadi pengecer atau pemasok

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa jika Anda menjual elpiji, Anda dapat memilih antara menjadi agen atau pengecer.

Perbedaannya terletak pada modal yang diperlukan.
Sebagai pelanggan, pangkalan, sub-agen, karena penjualan dan pembelian dilakukan dalam skala besar, sehingga membutuhkan modal yang cukup besar. Namun manfaat yang bisa didapat juga lebih besar.

Untuk modal terbatas, Menjadi retailer bisa menjadi pilihan yang cocok karena bisa dilakukan dengan modal yang cukup kecil.

Dapat dikatakan bahwa penjualan elpiji adalah bisnis yang jarang merugi. Jika Anda bingung mencari bisnis yang tepat, maka menjual elpiji 3 kg atau 12 kg adalah pilihan yang baik.

Cara Memulai Usaha Gas Elpiji Yang Menguntungkan

Cara Memulai Usaha Gas Elpiji
Cara Memulai Usaha Gas Elpiji

Berikut ini adalah langkah-langkah persiapan dan modal perdagangan yang diperlukan untuk memulai bisnis elpiji 3 dari tahap awal hingga tahap permanen:

Baca Juga:  Bagaimana Cara Memasarkan Jajanan Lumpia

1. Anda harus memiliki lokasi / tempat kerja

Cara memulai usaha gas elpiji yang pertama tentunya tempat jualan. Agar memperkecil modal yang dikeluarkan,  anda bisa gunakan ruang kosong di rumah untuk menyimpan stok tabung elpiji 3 kg, 12 kg dan 5 kg yang anda miliki. Pastikan untuk memberi pemberitahuan jika Anda menjual elpiji sehingga tetangga dan masyarakat sekitar tahu tentang keberadaan bisnis kami

Untuk menjaga keamanan pekerjaan elpiji Anda, pastikan lokasi kerja berada di luar jangkauan anak-anak dan sumber api.

2. Kendaraan operasional

Selain itu, untuk memudahkan proses transfer, anda membutuhkan alat transportasi. Moda transportasi ini dapat disesuaikan dengan Anyang yang anda miliki. Anda dapat menggunakan mobil, seekor keledai muda, truk atau sepeda motor.

3. Mencari pemasok

Setelah memperoleh lokasi bisnis yang sesuai, hak strategis dan memiliki modal transportasi, mobil atau motor, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok.
Pasokan dapat berasal dari basis elpiji 3 kg (pekerja gas bersertifikat). Ini adalah proses bisnis ;

  • Konsumen biasanya membeli 3 kg elpiji dari pengecer.
  • Pengecer mengambil persediaan dari pangkalan.
  • Dan aturan pasokan untuk agen lokal yang berwenang.
  • Agen mengambil pasokan gas dari distributor Pusat.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi pengecer, Anda perlu mencari pemasok gas atau pemasok yang lokasinya paling dekat dengan lokasi bisnis anda.

Ini dimaksudkan untuk memudahkan proses pengiriman untuk Anda dan menghemat biaya transportasi.

Tanyakan apakah mereka masih menerima 3 kg dari pengecer gas. Karena seringkali pangkalan sudah menerima banyak pelanggan dari pengecer.

Baca juga Cara Pemasaran Usaha Snack

Karena itu, pilih basis terdekat dari pelanggan atau pengecer yang masih langka. Oleh karena itu, peluang Anda sebagai pengecer gas yang dapat Anda suplai dari pangkalan terbuka lebar.

4. Persiapan tabung elpiji

Jika Anda ingin membuka proyek elpiji, Anda harus memiliki tabung gas
Memang, dengan 10 pipa, Anda dapat memulai bisnis untuk jual beli gas, tetapi jika Anda memiliki lebih banyak pipa, itu pasti akan lebih baik karena pasokan pipa Anda dapat bertahan selama beberapa hari dan Anda tidak perlu membeli gas begitu sering.

Untuk mendapatkan tabung gas kosong, Anda dapat membelinya langsung di Pangkalan, dealer, atau pengguna langsung. Anda juga bisa membeli pipa dari orang yang mungkin berniat membeli Pipa, misalnya karena akan pindah dan lain-lain, karena harganya bisa dinegosiasikan dan umumnya lebih murah.

Baca Juga:  Sangat Menjanjikan! 3+ Peluang Bisnis Sayuran Potong

Berapa biaya tabung elpiji 3 kg kosong

Menurut pengalaman saya membeli Pipa, saat itu harga pipa elpiji kosong 3 kg adalah 125 ribu rupiah per pipa. Sedangkan saat ini isinya sekitar 140 ribu rupiah per tabung.

Tetapi ada juga yang menjual dengan harga 150 ribu rupiah per tabung.
Harga bervariasi tergantung pada situasi dan daerah setempat di mana Anda tinggal.

5. Datang ke Pangkalan dan melakukan pengisian

Setelah menyelesaikan semua persiapan, iblis mengisi tabung gas kosong. Anda dapat tinggal dan mengisi ke sebuah pangkalan gas terdekat dengan harga yang biasanya sekitar 17.000 untuk 3 kg gas. Untuk 5 kg elpiji harga pemuatan adalah 70,000

6. Profitabilitas penjualan elpiji

Cara memulai usaha gas elpiji yang terakhir adalah dengan menghitung keuntungan penjualan elpiji. Keuntungan yang dapat diperoleh pengecer tergantung pada jumlah yang dia jual, biasanya keuntungan yang dapat dia hasilkan per penjualan tabung elpiji mencapai dari 5 ribu rupee hingga 10 ribu rupee.

Sesuaikan dengan penjual lain agar tidak mahal atau murah, sehingga Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan elpiji Anda sendiri.
Perhitungan manfaat:

Contoh :

Untuk 1 tabung, dibutuhkan 7 ribu rupee, dalam satu hari Anda dapat menjual 15 tabung, maka Anda dapat membuat keuntungan = 7.000 x 15 tabung = Laba Bersih 105.000 per hari.

Ini tidak buruk, bukan?

Namun jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang anda dapatkan, tidak ada salahnya menyelesaikan bisnis elpiji 3kg dengan isi elpiji 5kg, 12kg, blue gas dan menjalankan bisnis jual beli tabung elpiji kosong dengan berbagai ukuran.

Baca juga Contoh dan Cara Memulai Usaha Snack 500an

Selain itu, Anda dapat menggabungkan bisnis penjualan kompor gas, regulator, peralatan dapur dan hal-hal yang berkaitan dengan gas.

Tapi idealnya, bisnis elpiji harus dioperasikan dalam kombinasi dengan Bisnis Toko Kelontong, Toko Kelontong dan sejenisnya.

Penutup

Ternyata seperti yang kita ketahui, dari menjalankan bisnis gas lpg ini, kita sudah memiliki banyak sekali keuntungan. Apalagi jika anda menjalankan bisnis ini dengan konsisten, sabar, dan selalu belajar. Mungkin penghasilan 100 jt/bulan tidak menutup kemungkinan.

Nah, mungkin inilah yang bisa saya share kali ini tentang cara memulai usaha gas elpiji beserta keuntungan menjalankan usaha gas lpg. Semoga artikel yang di share oleh admin fanzine faves ini bisa bermanfaat untuk kalian semua yang sudah membaca artikel ini.