cara memulai usaha warung kopi sederhana
cara memulai usaha warung kopi sederhana

3+ Cara Memulai Usaha Warung Kopi Sederhana

Diposting pada

FANZINE FAVES – Apakah kamu sedang tertarik untuk memulai usaha warung kopi sederhana? Berikut ini tips lengkapnya tinggal contek aja gas.

Berikut cara memulai usaha warung kopi sederhana yang bisa anda jalankan dengan peluang mendapatkan keuntungan yang besar. Memiliki usaha kopi sendiri adalah kesenangan yang menjanjikan. Bisnis atau warung kopi rumahan adalah jenis bisnis yang tidak memerlukan modal besar sehingga siapa pun dapat memulai bisnis sendiri tanpa harus memikirkan modal awal.

Tidak hanya itu, bisnis ini memiliki prospek yang sangat baik dan mampu memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat. Agar Anda dapat memulai bisnis warung kopi rumahan. Bagi anda yang penasaran bagaimana caranya, simak artikelnya di bawah ini.

Bagaimana cara memulai usaha warung kopi sederhana ?

cara memulai usaha warung kopi sederhana
cara memulai usaha warung kopi sederhana

Masa pandemi sejak awal tahun 2020 menjadi tantangan besar bagi mayoritas penduduk yang bekerja di perusahaan yang mengurangi jumlah karyawan. Tidak sedikit orang telah menjadi pengusaha untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan hidup. Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Jika ini dilakukan dengan perencanaan yang matang, niat dan usaha keras kepala, maka bisnis apa pun akan berjalan dengan lancar.

Bisnis yang bisa dilakukan di rumah adalah usaha warung kopi rumahan, mengingat pecinta kopi masih banyak. Kopi merupakan salah satu minuman yang dikonsumsi masyarakat yang dipercaya mampu memberikan energi tambahan untuk menjadi produktif.

Membuat bisnis usaha perkopian juga tampaknya mudah. Meski terkesan mudah, siapa pun yang ingin membuka bisnis kopi rumahan harus memperhatikan banyak hal agar bisnis Anda menjadi istimewa dan diminati oleh banyak orang.

1. Mendefinisikan konsep Warung Kopi Sederhana

Langkah pertama untuk menjalankan usaha warung kopi sederhana yang perlu Anda pikirkan untuk buka usaha warung kopi sederhana adalah konsep posisi yang akan Anda buka. Banyaknya kafe kopi yang ada memaksa Anda untuk membuat konsep seunik dan semenarik mungkin.

Tidak hanya unik, konsep kafe Anda harus memberikan pengalaman minum kopi yang berbeda dari kios lainnya. Ada banyak ide-ide inovatif sebagai pengembangan baru dari konsep kafe tercerahkan dalam Pasal 6 ide-ide kreatif untuk sebuah warung kopi yang inovatif, termasuk:

1. warung kopi rumahan Kreatif

Jangan hanya menikmati kopi, pengunjung diajak untuk memilih secangkir kopi sendiri dan menghiasnya sendiri. Oleh karena itu, tidak hanya rasa kopi yang istimewa, pengalaman dan orientasi kreativitas pengunjung juga akan lebih bernilai bagi warung kopi rumahan Anda.

Baca Juga:  10+ Ide Barang Dropship Paling Laku

Baca juga Cara Menjalankan Bisnis Kopi Bubuk Rumahan

2. Warung kopi rumahan dengan karya seni

Anda dapat bekerja dengan seniman yang akan memamerkan karya seninya, baik itu lukisan, patung, atau kerajinan tangan lainnya. Dengan konsep ini, warung kopi rumahan yang Anda buat tidak hanya akan menyajikan kopi nikmat khas Warung atau kafe Anda, tetapi juga karya seni yang dapat dinikmati pengunjung.

3. Voucher Warung Kopi

Memberikan diskon dan bonus kepada pelanggan selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berlangganan warung kopi rumahan Anda. Misalnya, Anda dapat memberikan bonus gratis untuk porsi kopi ketika membeli untuk kelima kalinya, maka pengunjung dapat mengundang teman-teman mereka untuk menikmati kopi dari warung kopi rumahan Anda. Oleh karena itu, pelanggan Anda secara tidak langsung mempromosikan kopi Anda.

4. Cafe dengan dinding dekoratif

Perkenalkan bagian tertentu di dinding warung kopi rumahan Anda di mana pengunjung dapat menggambar atau menulis Peribahasa, surat, dan lainnya. Ketika mereka mengunggahnya ke jejaring sosial mereka, itu secara tidak langsung akan meningkatkan popularitas kafe Anda.

5. Warung kopi rumahan dengan hewan peliharaan

Ide konseptual inovatif ini memungkinkan pengunjung tidak hanya menikmati kopi, tetapi juga memberikan kesempatan untuk menikmati ditemani hewan peliharaan seperti kucing, ikan, anjing, dan lain-lain. Hewan-hewan ini dapat memberikan suasana warung kopi menjadi lebih hidup.

Baca juga ide usaha kopi keliling

Modal usaha warung kopi sederhana dengan konsep ini terbilang sedang naik daun dan tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Sehingga banyak sekali warung kopi yang dikunjungi dengan konsep seperti ini.

2. Riset Pasar warung kopi sederhana

Cara memulai usaha warung kopi sederhana yang selanjutnya adalah dengan melakukan sebuah riset pasar untuk warung kopi rumahan. Setelah mendefinisikan konsep dan ide warung kopi rumahan yang akan Anda buka, saatnya untuk menyelidiki lebih lanjut persiapan untuk membuka bisnis ini. Beberapa penelitian yang harus Anda lakukan sebelum membuka usaha kopi sederhana meliputi:

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa situs. Mendaftar di lebih dari satu tempat. Tujuannya adalah untuk memberikan perbandingan antara satu situs dengan situs lainnya. Pastikan situs tersebut mendukung konsep usaha yang akan Anda buka.
  2. Selain lokasi, Anda harus melakukan riset pada pecinta kopi yang diharapkan untuk mengunjungi kafe Anda nanti. Konsep warung kopi rumahan dan ide inovatif Anda harus didukung oleh target audiens yang sesuai.
  3. Lakukan sedikit riset di mana Anda akan membeli kopi mentah. Kunjungi lebih dari satu pemasok dan pilih salah satu yang menawarkan harga terjangkau dan bahan baku berkualitas tinggi. Tidak hanya itu, juga mudah untuk menghubungi pemasok Pastika dan dia memiliki banyak bahan baku. Jadi ketika Anda membutuhkan bahan baku, anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

3. Menentukan Target Pasar Untuk Usaha Warung Kopi Sederhana

Cari tahu target pasar usaha warung kopi rumahan yang akan Anda buka. Misalnya, jika Anda ditujukan untuk remaja dan remaja, Anda harus membuka warung kopi rumahan dengan menu yang unik dan menarik. Ada juga beberapa varian menu, seperti kopi olahan dengan campuran es, yang sangat populer di kalangan anak muda.

Berbeda halnya jika Anda menargetkan pasar ke pasar yang lebih luas, sebaiknya Anda membuat resep kopi buatan sendiri agar usaha Anda bisa terasa unik dan berbeda dari warung kopi rumahan lainnya.

Baca Juga:  Ide Jualan Bisnis Market Day Anak SD

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan dan menjual produk kopi dengan cepat.

4. Dalam mencari bahan baku.

Cara memulai usaha warung kopi sederhana yang selanjutnya adalah harus mencari bahan baku yang berkualitas. Bahan baku pembuatan kopi tentu saja biji kopi berkualitas tinggi. Saat mencari bahan baku, pertama-tama lakukan survei terhadap beberapa pemasok. Untuk menghemat waktu, Anda dapat meminta referensi orang yang lebih berpengalaman untuk bahan baku yang diperlukan.

5. Dekorasi warung kopi rumahan

Memanjakan mata pengunjung dengan dekorasi menarik yang bisa ditempatkan di Instagram adalah sesuatu yang harus Anda lakukan. Anda bisa menyiapkan beberapa pot dengan tanaman segar atau menambahkan lukisan menarik yang bisa mempercantik warung kopi rumahan Anda. Yang paling penting adalah Anda perlu menjaga stan Anda tetap bersih dan rapi agar pengunjung merasa nyaman di warung kopi rumahan rumah Anda.

6. Sediakan Modal Usaha

Cara memulai usaha warung kopi sederhana yang selanjutnya tentunya menyediakan modal usaha untuk keperluan bahan dan alat. Bicara mengenai usaha, karena itu modal sering jadi langkah pertama. Modal ini dapat berbentuk uang, lokasi, atau perlengkapan dan beberapa bahan usaha.

Umumnya, modal diringkas dalam ongkos yang dapat dihitung dengan uang, terutama bila Anda betul-betul mengawali dari sejak awalnya.

Beberapa kepentingan ini dibutuhkan untuk buka warung kopi rumahan:

  1. Meja dan bangku
  2. Beragam jenis kopi sachet
  3. Susu kaleng
  4. Kompor dan tabung gas
  5. Termos
  6. Panci dan wajan
  7. Piring, gelas, sendok, dan garpu
  8. Roti tawar
  9. Minyak goreng
  10. Mie instant
  11. Telur

Tulislah semua kepentingan dalam catatan modal Anda. Ini akan menolong dalam rencana ongkos operasional, terkait dengan bagaimana nanti keuntungan bisa didapat sambil melakukan cara seterusnya.

7. Pilih Sasaran Pasar (Customer)

Tidak seluruhnya tipe usaha mendapatkan tempat di hati semua kelompok masyarakat.

Target kopi akhir-akhir ini adalah remaja ke arah dewasa dan orangtua.

Keperluan akan kopi sudah jadi kewajiban untuk dua kelompok ini.

Sesudah sasaran pasar ada, Anda pun menjadi lebih gampang dalam tentukan lokasi di mana sasaran customer itu kerap berakhir-lalang.

Selain itu, kalangan-kalangan tertentu memberikan deskripsi berapa besar harga yang perlu diputuskan untuk kopi-kopi Anda.

8. Tentukan Lokasi Warung

Sesudah ide masak, sekarang waktunya pilih lokasi untuk buka warung rumahan Anda. Tempat vital adalah lokasi yang banyak dilalui oleh sasaran pasar Anda.

Samakan dengan ide, karena itu konsumen setia akan ramai bertandang.

Ada di dekat universitas atau kantor ialah nilai plus karena pencinta kopi sekarang ini adalah beberapa orang yang dengan status mahasiswa dan karyawan.

Bila rumah Anda dirasakan lumayan strategis, jadi tidak perlu lakukan survey lokasi.

9. Cari Penyuplai atau Vendor

Setelah tentukan ide warung, karena itu Anda bisa cari penyuplai kopi dengan tipe yang tepat.

Pilih vendor yang ramah kantong sasaran target atau calon customer Anda.

Disamping itu, mencari penyuplai yang sediakan kopi-kopi dengan kualitas yang bagus.

Harga dapat dijangkau menjadi pemikiran, ditambah lagi faksi penyuplai yang gampang dikontak kapan pun Anda membutuhkan bahan baku dengan selekasnya.

10. Meluaskan Jaringan

Dari sisi beberapa langkah, ada beberapa hal yang dapat Anda aplikasikan sambil melalui beberapa tahap mengawali usaha warung kopi rumahan. Pertama adalah meluaskan jaringan.

Baca Juga:  3 Tips Usaha Teh Poci Sendiri Yang Menjanjikan

Ini ialah sisi dari penelitian, di mana Anda perlu kumpulkan banyak info dan pengetahuan berkenaan usaha warung kopi rumahan.

Konsep-konsep yang terdapat bisa dihimpun jadi rekomendasi dengan berkunjung beberapa warung kopi rumahan yang sudah berdiri awalnya.

Selain itu, mulai membuat jalinan dengan pemilik usaha atau pendiri warung kopi rumahan itu.

Pembicaraan Anda bisa ke arah masalah share pengalaman hingga Anda juga bisa di inspirasi masalah ide warung kopi rumahan Anda kelak.

11. Mengawali Promo Saat sebelum Warung Dibuka

Langkah selanjutnya ini menahan Anda dari ketinggalan jauh ada di belakang.

Pembukaan kopi pada hari tertentu seharusnya dijumpai calon customer sekian hari saat sebelum warung kopi rumahan Anda sah bekerja.

Walau itu warung kopi rumahan, Anda bisa mengawali dengan simpel, seperti tempelkan atau membagi edaran-brosur ke beragam tempat dan tuliskan diskon khusus pada hari pembukaan kelak.

12. Meminimalkan Jumlah Karyawan atau Pegawai

Pada saat-saat awalnya, tak perlu mengambil banyak pegawai.

Warung kopi rumahan Anda lebih bagus di-support oleh beberapa orang dekat atau bagian keluarga menjadi staff yang bekerja dan menolong di warung.

Sesudah itu juga, Anda perlu waspada dalam mengambil karyawan di periode selanjutnya.

Kerjakan beragam langkah supaya pegawai bisa memberi perform terbaik saat bekerja, dan tak perlu sangsi menghentikan mereka jika performanya dirasakan bikin rugi.

Konsep Warung Kopi Sederhana yang bisa Anda tiru

buka usaha warung kopi sederhana
buka usaha warung kopi sederhana

Memilih konsep kafe yang tepat sangat penting agar kafe Anda terlihat menarik bagi pengunjung. Berikut beberapa contoh konsep warung kopi rumahan populer yang bisa anda tiru:

1. Bisnis kopi rumahan Sachet

Konsep kafe ini sangat praktis bagi anda yang baru memulai bisnis warung kopi rumahan dengan modal yang minim. Tidak perlu khawatir tentang menentukan dosis campuran kopi, karena ada banyak produk kopi dalam sachet instan yang dijual di toko-toko. Pengunjung juga dapat memilih merek kopi dalam tas yang biasanya mereka minum. Yang Anda butuhkan hanyalah air panas dan cangkir untuk menyajikan kopi Anda.

Kelemahan dari konsep ini adalah tidak ada keuntungan bagi kafe Anda karena pengunjung juga dapat menyeduh kopi dalam tas di rumah tanpa pergi ke toko Anda. Oleh karena itu, konsep warung kopi rumahan tas ini mungkin membuat Anda harus membuka toko di tempat-tempat strategis seperti taman kota, dekat kantor, dekat proyek pengembangan, di mana banyak pekerja tidak punya waktu untuk membuat kopi dan akan menemui Anda untuk membeli kopi di warung kopi rumahan tas mereka sendiri.

2. Konsep Lesehan

warung kopi rumahan ini memudahkan pengunjung untuk duduk dan bersantai di lantai atau di halaman luar. Penting untuk menyiapkan beberapa permadani dan meja untuk pengunjung. Anda juga dapat menggunakan bean bag untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman saat duduk, dan jika Anda ingin bersantai, berbaring atau berbaring. Jika pengunjung tidur di halaman, yang hanya menutupi langit, Anda dapat menambahkan payung pantai untuk melindungi pengunjung dari terik matahari atau hujan lebat.

3. Sebuah warung kopi rumahan di garasi

Nah yang terakhir adalah untuk memulai usaha warung kopi sederhana anda bisa manfaatkan garasi rumah anda. Suasana rumah yang nyaman dapat memberikan kesan relaksasi bagi pengunjung. Gunakan garasi rumah Anda untuk menjadi tempat yang menarik untuk bekerja. Anda dapat mengubah garasi menjadi tempat untuk mencampur kopi, sementara Anda dapat menggunakan garasi sebagai tempat duduk di luar ruangan untuk pelanggan.

Penutup

Ini adalah keseluruhan diskusi tentang bagaimana cara memulai usaha warung kopi sederhana dengan modal yang minimum  yang bisa menjadi referensi bagi anda. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi anda yang ingin memulai bisnis rumahan.

Terima kasih sudah berkunjung di website fanzine faves, semoga artikel ini bermanfaat bagi temen-temen semua yang sedang mencari informasi ini.